Meriahkan HUT ke-79 RI, Ada Gurami Bakar Puputan dan Es Mahardika di Premier Place Hotel

Reporter : Restu Cahya
Gurami Bakar Puputan

Tikta.id - Bulan Agustus menjadi salah satu bulan yang penuh makna, bersejarah dan paling diingat oleh bangsa Indonesia karena bertepatan dengan perayaan HUT-RI.

Sebagai generasi penerus, turut serta meramaikan perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia menjadi kegiatan tahunan rutin yang diadakan oleh hampir seluruh lapisan masyarakat, tak terkecuali Hotel dan Restoran pun ikut serta dengan membuat sejumlah promo dan program menarik.

Baca juga: Semerakkan HUT Kemerdekaan RI ke-79, AWS Sukses Gelar Lomba Foto

Berdasar itulah, kali ini Premier Place Hotel Surabaya Airport menghadirkan beragam menu spesial dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, diantaranya Gurami Bakar Puputan, Iga Bakar Rancak Bana, Kambing Rica-Rica Membara, Es Nona Manis, Es Sang Cakrawala, Es Mahardika, dan Es Sang Pedjoang.

Rempah-rempah khas Indonesia yang digunakan dalam menu makanan tersebut memiliki cita rasa yang cenderung pedas, kaya rasa, beraroma sedap dan nikmat yang disesuaikan dengan rasa favorit penikmat makanan Indonesia yang lebih banyak menyukai cita rasa pedas penuh bumbu dan rempah.

Adapun untuk Gurami Bakar Puputan, mengadaptasi dari kata Puputan yang berasal dari bahasa Bali yang artinya perang pada saat penjajahan sehingga beberapa rempah yang digunakan merupakan rempah yang umum digunakan pada masakan khas Bali seperti kunyit, kencur, sereh, jahe, jeruk limau, dan cabe yang membuat cita rasanya semakin pedas dan wangi.

Beragam rasa dari rempah yang berpadu di dalam mulut seperti sedang perang dan bergerilya. Di bakar dengan sedikit kecoklatan, Gurami kemudian disajikan lengkap bersama sambal, lalapan, dan nasi putih hangat.

Selanjutnya, ada Iga Bakar Rancak Bana yang mana nama masakannya mengadopsi kalimat dari bahasa Sumatera khususnya Padang, sehingga rempah-rempah yang digunakan juga cenderung seperti beragam olahan hidangan ala Sumatera seperti aneka cabai, kapulaga, kayu manis, cengkeh, sereh, daun jeruk, jinten, ketumbar yang menghasilkan bumbu berwarna merah, gurih, pedas, wangi rempah yang khas dan lezat. Cita rasanya juga cenderung pedas.

Baca juga: Ribuan Warga Jatirejo Dan Sekitarnya Ikuti Jalan Sehat Bersama Mansur Hidayat

Iga bakar dengan tekstur dan rasa yang khas berpadu bersama bumbu-bumbu racikan terbaik Executive Chef Premier Place Hotel yang disajikan bersama sambal matah dan nasi putih, sangat cocok sebagai hidangan santap siang ataupun makan malam.

Menu berikutnya tak kalah istimewa, ada Kambing Rica-Rica Membara. Sesuai dengan namanya yang membara, ini sebagai bentuk simbol makanan yang pedas dan membara penuh semangat saat menyantapnya, sama seperti semangat membara pada waktu masa penjajahan sebelum masa kemerdekaan tiba. Kambing Rica-Rica disajikan bersama dengan nasi bakar berwarna merah, dan olahan sayur daun singkong teri.

Perlu diketahui, semua menu-menu tersebut dapat dinikmati di Coriander Resto Premier Place Hotel yang buka 24 jam dengan harga hanya Rp. 79.000 nett/item.

Kemudian untuk menyegarkan dan menyeimbangkan rasa, minuman istimewa menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia juga dibuat dengan cita rasa yang cenderung lebih segar, mengandung buah-buahan tropis khas Indonesia dan manis. Seperti misalnya Es Sang Cakrawala yang mengkombinasikan jus nanas, krim kelapa, buah nanas segar dan sirup blue curacao yang membuat warnanya biru.

Baca juga: Meriahnya Lomba HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Korem Bhaskara Jaya

Adapula Es Mahardika yang memiliki cita rasa yang segar dan asam manis karena memadukan buah-buahan seperti sirsak, stroberi dan sirup stroberi, sehingga warna tampilannya bertumpuk merah dan putih.

Kemudian Es Pedjoang juga tak kalah menarik untuk dicoba. Perpaduan air kelapa dan jus jeruk tentunya menyegarkan dan kaya manfaat vitamin. Tak ketinggalan, minuman Es Nona Manis dengan aneka isian seperti kacang merah, cendol, nangka, sagu mutiara, tape, sirup cocopandan, dan SKM.

Semua aneka minuman tersebut dipatok dengan harga yang cukup terjangkau yaitu hanya Rp. 45.000 nett/item. Perlu diingat, semua menu tersebut hadir tak hanya selama periode bulan Agustus 2024 saja, tetapi sampai bulan Oktober 2024, sehingga bagi yang belum sempat mencobanya di bulan Agustus ini maka masih bisa mencobanya hingga bulan Oktober 2024 mendatang.

Editor : Redaksi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru