Musaffa' Safril Dorong Kader Ansor dan Banser Punya Peran Strategis di Wilayah Kepulauan

Reporter : Nita Rosmala
Musyaffa' Syafril saat di Pulau Bawean

SURABAYA - Ketua PW Ansor Jawa Timur, Musaffa Safril menyampaikan beberapa pesan penting pada pelantikan pengurus Pimpinan Cabang (PC) Ansor Pulau Bawean, di Lapangan Sangkapura, Bawean. 

Melalui keterangannya yang diterima, Senin (7/10) Safril menekankan pentingnya peran strategis Ansor dan Banser di wilayah kepulauan seperti Bawean, khususnya dalam bidang kemaritiman dan tanggap bencana.

Baca juga: Ansor Jatim Desak Usut Tuntas Kasus KDRT di Sumenep

Safril menyatakan PC Ansor Bawean, dengan posisinya yang berada di kawasan kepulauan, memiliki potensi besar untuk menjadi pusat kekuatan Banser Maritim. 

"Sebagai PC Ansor yang berdomisili di kepulauan, fokus penguatan pada Satuan Banser Maritim harus menjadi prioritas. Bawean selayaknya bisa menjadi barometer nasional Banser Maritim, mengingat posisi strategisnya di tengah Laut Jawa," katanya, Senin (7/10).

Menurut Safril, Banser Maritim bukan hanya berperan dalam menjaga kedaulatan perairan Indonesia, tetapi juga berperan dalam membantu masyarakat pesisir dan kepulauan dalam berbagai aspek, termasuk keamanan, ketertiban, serta kegiatan ekonomi maritim.

Selain itu, Safril juga menyoroti pentingnya kesiapsiagaan menghadapi bencana, terutama setelah Pulau Bawean baru-baru ini dilanda gempa bumi. Ia menekankan bahwa kondisi geografis Bawean yang rawan bencana membuat penguatan Satuan Banser Tanggap Bencana (Bagana) menjadi sangat mendesak. 

Baca juga: Ketua Ansor Jatim Dorong Pemberdayaan dan Penguatan Kemandirian Ekonomi Lokal

"Dengan kondisi geografis Bawean serta kejadian gempa yang baru-baru ini terjadi, kesiapsiagaan Ansor Banser dalam menghadapi bencana adalah hal yang sangat penting. Penguatan Bagana harus menjadi prioritas, agar kita selalu siap dalam situasi darurat dan mampu memberikan bantuan dengan cepat dan efektif," tegasnya.

Safril berharap PC Ansor Bawean dapat mengimplementasikan program-program strategis ini, sehingga Ansor dan Banser Bawean bisa menjadi teladan di tingkat nasional.

"Baik dalam bidang maritim maupun penanggulangan bencana." demikian Musaffa' Safril.

Baca juga: Ansor Jatim Dorong Pelestarian dan Pemberdayaan Batik Tulis

Pelantikan dihadiri opara tokoh masyarakat, ulama, serta kader Ansor dan Banser dari berbagai daerah. Dengan semangat yang tinggi.

Musaffa Safril mengajak seluruh kader untuk terus mengabdi dan berkontribusi demi kesejahteraan dan keamanan masyarakat Pulau Bawean serta Indonesia secara keseluruhan.

Editor : Redaksi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru