Sangat Membayangkan Keselamatan Warga, Sarang Tawon Dimusnahkan Oleh Tim Damkar Pemalang 

Reporter : Ragil S
Pemusnahan sarang tawon (foto: Ragil)

Tikta.id - Keberadaan sarang tawon Vespa atau Avist sudah sangat mengkwatirkan keamanan warga. Kejadian tersebut dialami Purwanto warga Desa Cibelok RT03/02, Kecamatan Taman, dimana sarang tawon Vespa berukuran lumayan besar membuat keamanan keluarganya terganggu. Pasalnya jika sampai tersengat, racun dari tawon ini bisa menyebabkan tubuh menjadi panas dan fatal bila tak segera ditangani.

Regu pemadam kebakaran pos induk Pemalang, pada Kamis (1/8) malam  mendapat laporan dari warga, dengan keberadaan sarang tawon di atas rumah.

Baca juga: Kawasan Hutan Perhutani di Wilayah Lenggerong Kecamatan Bantarbolang Terbakar Malam Ini

Agus Surono, Salah seorang petugas damkar yang menangani pemusnahan sarang tersebut menuturkan, setelah menerima laporan warga, pihaknya melakukan observasi terlebih dahulu.

"Keberadaan sarang tawon di atas rumah salah seorang warga, Desa Cibelok ini sangat membahayakan, Kami mendapat laporan pada sore, lalu terlebih dahulu kami observasi sebelum diadakan tindakan pemusnahan," kata Agus.

Dirinya juga menambahkan, waktu yang aman dalam menghadapi lebah adalah malam hari, dimana daya penglihatan serangga tersebut berkurang.

Baca juga: Warga Sekitar Eks TPA Pesalakan Terganggu Dengan Kepulan Asap

"Pemusnahan sarang tawon Vespa yang sangat membahayakan sengaja kami lakukan pada malam hari, karena daya penglihatan hewan ini ketika malam hari kurang maksimal," terangnya.

Kurang dari beberapa menit lamanya, akhirnya pemusnahan sarang tawon berhasil diselesaikan dengan cara di bakar menggunakan selang panjang yang di hubungkan dengan tabung gas agar bisa menimbulkan kobaran api guna membakar sarangnya.

Baca juga: Kompor Masih Menyala Ditinggal Pergi, Rumah Ludes Dilalap Api

Lebih lanjut Agus menambahkan, dihimbau kepada masyarakat, jika menemukan keberadaan sarang tawon Vespa agar segera menghubungi pihak damkar terdekat.

"Kami ada tiga pos unit damkar, pos induk pemalang lalu pos Kecamatan Comal dan pos Kecamatan Randudongkal," jelasnya.

Editor : Redaksi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru