Masyarakat Heran, Tak Menyangka Cabup Bambang Soekwanto, Piawai Main Alat Gamelan

Reporter : Dedi AM
Bambang Soekwanto, tanpak piawai memainkan Gamelan

BONDOWOSO - Calon Bupati nomor urut 02 Bambang Soekwanto, melakukan aksi blusukan ke komunitas pegiat seni budaya ludruk, di Desa Pecalongan Kecamatan Sukosari. Cabup Bambang Soekwanto, begitu sampai di lokasi langsung membaur ke pegiat seni ludruk Sinar Rahayu, yang saat itu tengah mengadakan pergelaran, selasa (22/10).

Menurut mantan Sekretaris Daerah Bondowoso ini, komunitas seni dan budaya merupakan salah satu elemen masyarakat yang perlu mendapat perhatian. Mereka juga termasuk bagian dari unsur di bidang kesenian tradisional yang harus dilestarikan, di tengah gempuran seni modern.

Baca juga: Polda Jatim Periksa Kendaraan dan Almatsus Polres Bojonegoro

"Kesenian daerah harus tetap dilestarikan. Karena mereka merupakan pewaris budaya adiluhung," kata Bambang Soekwanto.

Lebih jauh ia menyampaikan, para pegiat seni tradisional ludruk dengan seluruh komponen dan komunitasnya merupakan aset yang harus dirangkul keberadaannya.

"Mereka harus diapresiasi. Karena mampu bertahan di antara seni pertunjukan modern yang memang makin menjamur," ujar cabup nomor urut 02, berpasangan dengan Gus Baqir.

Bambang Soekwanto mengaku, jika sejak jaman mudanya sudah sangat akrab dengan seni tradisional serta elemen-elemennya, hingga seni dan budaya modern yang digandrungi paramuda saat ini.

Baca juga: Kapolres Kediri Kota Bersama Pj Walikota Komitmen Jaga Netralitas di Pilkada Serentak 2024

Bahkan, ia turut memainkan dan menabuh gamelan ludruk serta mengiringi gending yang dibawakan ludruk Sinar Rahayu tersebut secara piawai.

Tak ayal, kemampuan Bambang Soekwanto, dalam menabuh alat musik jenis gambang itu mendapat apresiasi dari kalangan para pengrawit ludruk dan masyarakat setempat tesebut.

Mujiono salah seorang warga setempat saat menyaksikan pergelaran ludruk tersebut mengaku tak menyangka, kalau seorang pejabat mampu dan piawai memainkan gamelan ludruk secara rancak dan terukur sesuai pakemnya.

Baca juga: Diduga Adakan Pertemuan Politik Paguyuban Kades se-kabupaten Pemalang, Didatangi Bawaslu

Mujiono terheran-heran dengan kemahiran cabup no 02, ternyata pinter juga dalam memainkan gamelan ludruk.

"Kok bisa ya, ternyata Pak Bambang ini pinter memainkan gamelan ludruk,"ujarnya singkat

Editor : Redaksi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru