CN 235-220 MPA P-8306 Patroli Udara Maritim Perdana Pasca Alih Bina ke Wing Udara 3

Patroli udara maritim
Patroli udara maritim

Tikta.id - Pesawat Udara (Pesud) TNl AL CN 235-220 MPA P-8306 terbang patroli perdananya pasca proses Alih Bina menjadi unsur operasi Wing Udara 3 Puspenerbal Biak dari Wing Udara 2 Puspenerbal Juanda pada Minggu (7/7). 

Terbang perdana sebagai unsur Wing Udara 3 Biak ini, dilakukan Pesud CN 235-220 MPA P-8306 dalam rangka mendukung operasi keamanan laut di sekitar perairan Papua di bawah kendali Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Kormada lll.

Baca Juga: Heli Panther Wing Udara 2 Puspenerbal Terlibat Latma Malindo Jaya 24 A/B di Malaysia

Komandan Wing Udara 3 Kolonel Laut (P) Ahmad Novam H bersama Asintel Danguskamla Koarmada lll Kolonel Laut (T) Darwin Simbolon mengikuti dan meninjau langsung penerbangan patroli pengintaian maritim tersebut dan melihat secara langsung kondisi dan situasi maupun aktifitas objek kapal yang berada di sekitar perairan Papua.

Baca Juga: Berbagi Wawasan, Delegasi USAF Air War College Kunjungi Museum Penerbangan TNl AL Juanda 

Menurut Danwing Udara 3, penerbangan ini, juga sekaligus sebagai upaya peningkatan dan pemantapan kualifikasi pengawak Pesud.

"Yaitu dengan mengikutkan beberapa personelnya yang terdiri dari dua personel Bintara dan dua Personel Tamtama utuk ikut dalam penerbangan Patroli udara sebagai operator mission yang ada dalam pesawat." katanya.

Baca Juga: Asah Kemampuan Menembak, AWS Jalasena Latihan Shooting Fun di Wing Udara 2 Puspenerbal

Dengan adanya unsur operasi CN-235 P-8306, Komandan Wing Udara 3 Biak berharap semua personelnya memiliki kemampuan dan siap terbang untuk mengawaki unsur yang sudah dimiliki.

Editor : Redaksi