Penjualan Tiket Kereta Api Untuk Natal dan Tahun Baru 2025/2026 Meningkat Cukup Pesat

Reporter : Restu Cahya
KAI Daop 8 Surabaya

SURABAYA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya mencatat peningkatan signifikan pada penjualan tiket untuk periode Angkutan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru). Tercatat, sebanyak 108.738 tiket telah terjual untuk keberangkatan 18 Desember 2025 - 4 Januari 2026, atau 24 persen dari total ketersediaan.

Peningkatan ini menunjukkan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap kereta api sebagai moda transportasi selama libur akhir tahun. Dari seluruh stasiun di wilayah Daop 8, Stasiun Surabaya Pasarturi menjadi titik keberangkatan paling diminati, diikuti Stasiun Surabaya Gubeng dan Stasiun Malang.

Baca juga: 15 Mitra KAI Daop 8 Tertib Administrasi Terima Penghargaan

Berdasarkan data pemesanan tiket hingga saat ini di tiga stasiun utama di wilayah Daop 8 Surabaya tercatat untuk Stasiun Surabaya Pasarturi sebanyak 28.188 pelanggan, Stasiun Surabaya Gubeng sebanyak 27.155 pelanggan, dan Stasiun Malang sebanyak 24.611 pelanggan.

Tingginya pemesanan dari tiga stasiun tersebut menunjukkan bahwa kereta api tetap menjadi pilihan utama pelanggan, terutama untuk relasi Yogyakarta, Jakarta, Bandung, dan Ketapang.

Adapun untuk kereta api favorit pada periode Nataru di wilayah Daop 8 Surabaya meliputi KA Sancaka relasi Surabaya Gubeng - Yogyakarta, KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi - Pasarsenen, KA Mutiara Timur relasi Surabaya Gubeng - Ketapang, KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng - Kiaracondong, dan KA Gajayana relasi Malang - Gambir.

Pada masa Angkutan Nataru yang berlangsung selama 18 hari, KAI Daop 8 Surabaya menyediakan 24.964 tempat duduk per hari atau total 449.352 tempat duduk.

Dalam rangka memastikan kelancaran operasional, KAI Daop 8 Surabaya melakukan serangkaian penguatan teknis dan pemeriksaan lapangan. Ramp check bersama DJKA dilaksanakan di wilayah operasional Daop 8, termasuk pengecekan Standar Pelayanan Minimum (SPM) pada sarana dan stasiun. Selain itu, manajemen KAI Daop 8 Surabaya juga melakukan pemeriksaan jalur untuk memastikan seluruh prasarana dalam kondisi siap menghadapi puncak perjalanan.

Baca juga: Rawat Kemitraan KAI Daop 8 Kasih Penghargaan Penyewa Aset Tertib Administrasi

Pada aspek pelayanan, disiapkan penambahan 23 Customer Service Mobile (CSM), puluhan relawan railfans, serta program tematik seperti Merchandise for Kids, Fun Activity for Kids, dan dekorasi bernuansa akhir tahun di stasiun maupun kereta.

Di sisi pengamanan, KAI Daop 8 Surabaya menambah 81 petugas keamanan eksternal yang terdiri dari personel garnisun, TNI, dan Polri, serta memperkuat patroli rutin, kolaborasi dengan kewilayahan, sidak serentak, dan pemantauan CCTV yang beroperasi 24 jam.

Untuk mendukung kelancaran perjalanan, juga dikerahkan 10 petugas tambahan pada wilayah pemantauan khusus serta 60 petugas pemeriksa jalur dan penjaga perlintasan di area Daop 8 Surabaya.

Baca juga: KAI Daop 8 Aktif Sosialisasi Keselamatan Warga di Sekitar Rel Kereta Api

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif menegaskan bahwa seluruh peningkatan layanan ini merupakan bagian dari komitmen KAI dalam menghadapi lonjakan perjalanan akhir tahun.

“Kami menetapkan keselamatan sebagai prioritas utama, menjaga performa perjalanan, dan meningkatkan kenyamanan pelanggan pada seluruh tahapan perjalanan, mulai dari sebelum keberangkatan hingga tiba di stasiun akhir. Seluruh layanan KAI Daop 8 Surabaya siap mendukung masyarakat menikmati perjalanan akhir tahun dengan aman, nyaman, dan lancar,” ujar Luqman.

Dengan tingginya minat masyarakat pada musim liburan, KAI Daop 8 Surabaya memastikan seluruh aspek layanan, pengamanan, dan operasional telah dipersiapkan secara optimal, sehingga pelanggan dapat menikmati perjalanan akhir tahun dengan lebih nyaman, aman, dan tanpa kekhawatiran.

Editor : Redaksi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru