Soliditas Jajaran Penerangan TNI, Kadispen Kodiklatal Ikuti Rakornispen TNI 2024 

Kadispen Kodiklatal
Kadispen Kodiklatal

Soliditas Jajaran Penerangan TNI, Kadispen Kodiklatal Ikuti Rakornispen TNI 2024 

 

Baca Juga: Safari Pembinaan Korps Pelaut, Jadi Ajang Komunikasi dan Tukar Pikiran

Surabaya,Tikta.id - Bangun soliditas antar jajaran penerangan TNI, Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Kodiklatal Kolonel Marinir Suharyono mengikuti Rakornispen TNI Tahun 2024. 

Rakornispen digelar melalui sarana video conference atau vicon dari Ruang Kerja Kadispen Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. pada Selasa (5/3).

Rakornispen mengusung tema “Soliditas Jajaran Penerangan TNI Siap Mewujudkan TNI Prima Menuju Indonesia Maju".

Rakornispen TNI Tahun 2024 yang berlangsung terpusat di Aula Balai Wartawan Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur ini dibuka langsung oleh Inspektur Jenderal (Irjen) TNI, Letjen TNI Marinir Suhartono mewakili Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Bambang Ismawan. 

Dalam sambutan Kasum TNI yang dibacakan Irjen TNI menyampaikan, Rakornispen TNI yang diikuti jajaran Dinas Penerangan TNI seluruh Indonesia secara langsung dan vicon, untuk mengevaluasi pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran Bidang Penerangan Tahun 2023, juga sebagai forum penyelarasan Program Kerja dan Anggaran tahun 2024.  

“Penerangan TNI adalah penjuru terdepan dalam mempublikasikan kegiatan dan kinerja TNI sebagai corong dalam transformasi informasi, jajaran Penerangan TNI dituntut untuk bekerja profesional serta bersinergi sesama komunitas Penerangan TNI, maupun instansi Penerangan lain baik di pusat dan daerah sehingga arus informasi yang selama ini dikelola oleh masing-masing satuan dapat disinergikan dalam memberikan informasi kepada masyarakat." katanya.

Baca Juga: Danpuslatmar Kodiklatal Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Tiga Personel

"Hal ini sesuai dengan tema Rakornispen Tahun 2024 yaitu Soliditas Jajaran Penerangan TNI Siap Mewujudkan TNI Prima Menuju Indonesia Maju,” tegasnya.

Sementara itu, Kapuspen TNI Mayjen TNI R. Nugraha Gumilar menyampaikan beberapa penekanan yaitu agar jajaran Penerangan TNI mengurangi publikasi yang bersifat naratif, namun menguatkan dalam bentuk visualisasi. 

Menurutnya, konten bukan hanya bersifat seremonial, akan tetapi harus berani menampilkan sisi humanis, lingkungan dan solutif untuk masyarakat. 

"Responsif terhadap berita negatif di jajarannya/ tingkatannya dan jangan biarkan berita negatif semakin meluas; Membangun komunikasi dan koordinasi intens dengan publik, awak media di daerahnya, dan juga dengan Puspen TNI; Menyusun rencana setiap publikasi atau agenda setting agar semua tepat sasaran dan informasi dapat di kendalikan." bebernya.

Baca Juga: Perwira Siswa Diklapa Ikuti Seminar Keamananan Laut dan Logistik

Dian Agustine Nuriman ,Founder & Principal Consultant NAGARU Communication yang menjadi narasumber utama menerangkan, sebagai seorang Humas atau Public Relations harus memahami dunia media, pengertian media, jenis-jenis media, cara kerja media.

"Bahkan agenda setting dan framing yang diperlukan guna menghandle media dengan baik dan benar."ujarnya.

Dede Farhan Aulawi yang berpengalaman mengajar di lingkungan TNI ini, membahas materi tentang Narasi Komunikasi Di Era Teknologi Informasi, yang mencakup bagaimana Peran Strategis Fungsi Penerangan, Optimalisasi Peran IT Dalam Mendukung Tupoksi dan Penerangan Konvensional vs 4.0, serta Tata Kelola Informasi sesuai Undang-Undang. 

Editor : Redaksi