Ratusan Prajurit Bintara Jalasena Siap Jalani Pendidikan Strata Perwira TNI AL

Prajurit Bintara Jalasena
Prajurit Bintara Jalasena

Tikta.id - Wakil Komandan (Wadan) Kodiklatal Laksda TNI Eko Wahjono mewakili Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah secara resmi membuka Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI Angkatan Laut (TNI AL) Angkatan 54 TA. 2024.

Diktukpa dilaksanakan di Dermaga Semampir Koarmada II, Ujung Surabaya. Rabu (3/7)).

Baca Juga: Cetak Prajurit Berkarakter dan Profesional Melalui Transformasi Pola Pendidikan

Pembukaan Diktukpa TNI AL Angkatan 54. TA 2024 diikuti sebanyak 201 Prajurit Strata Bintara dari berbagai Kotama TNI AL, 

Mereka dinyatakan lolos dalam sidang Penentuan Akhir (Pantukhir), dan saat pembukaan ditandai dengan Pernyataan Pembukaan Pendidikan dan Penyematan Tanda Siswa oleh Inspektur Upacara.

Dalam amanat Dankodiklatal yang disampaikan oleh Wadan Kodiklatal, para Siswa akan mengikuti Pendidikan Pembentukan Perwira ini selama 8 bulan yang terbagi dalam dua tahap.

Baca Juga: Hadiri Upacara HUT Ke-63 Kolinlamil Dankodiklatal Dukung Visi Indonesia Emas 2024

"Tahap Pertama Pendidikan Dasar Golongan di Puslatdiksarmil yang akan dilaksanakan selama 3 bulan dan Tahap Kedua, Pendidikan Dasar Golongan Lanjutan yang akan dilaksanakan selama 5 bulan di Pusdik masing-masing sesuai dengan Korps dan Kejuruan." ujarnya.

Lebih jauh disampaikan, pembangunan kekuatan dan pembinaan kemampuan TNI Angkatan Laut sangat tergantung kepada kualitas SDM sebagai pengawak Alutsista maupun organisasi TNI Angkatan Laut.

Oleh sebab itu, pembangunan SDM menjadi salah satu prioritas utama agar seluruh Alutsista dan organisasi TNI AL dapat terawaki oleh Prajurit Jalasena yang profesional, modern dan tangguh.

Baca Juga: Juara Umum Poral Wiltim 2024 Kodiklatal Gelar Tasyakuran

"Sehubungan dengan hal tersebut sasaran dari pendidikan ini adalah terwujudnya Sumber Daya Manusia yang memiliki kompetensi dan berkarakter kuat, tidak saja cakap secara intelektual, namun kualitas moral sangat diutamakan agar Prajurit TNI AL khususnya pada Strata Perwira selalu melaksanakan tugas dilandasi dengan norma agama dan aturan hukum yang berlaku," ujar Dankodiklatal dalam amanatnya.

Hadir dalam kegiatan, Kas Koarmada II, Danlantamal V, Danpasmar - 2, Ir Kodiklatal, para Direktur dan para Dankodik jajaran Kodiklatal, para Paban Kodiklatal, dan undangan terkait lannya.

Editor : Redaksi