Mudik Lebaran 2024, Pemprov Jatim Siapkan Ratusan Fasyankes dan Nakes 

Mudik lebaran: Pemprov Jatim siagakan Fasyankes dan Nakes m
Mudik lebaran: Pemprov Jatim siagakan Fasyankes dan Nakes m

Surabaya,Tikta.id - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono memastikan Pemerintah Provinsi Jawa Timur siap menghadapi mudik lebaran 2024.

Ia menjelaskan, Pemprov Jatim pada momentum lebaran 2024 telah menyiagakan ratusan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) dan pos kesehatan. Total 428 rumah sakit, 972 puskesmas, 217 pos kesehatan serta griya sehat yang tersebar di 5 kabupaten/kota dan Public Safety Center (PSC) 119 yang tersebar di 35 kabupaten/kota. 

Baca Juga: Delapan Atlet Selam Jatim Try Out Ke Perth Australia Barat 

Sedangkan untuk 3 kabupaten/kota yang belum memiliki PSC 119 tetap disiagakan tim melalui dinas kesehatan kabupaten/kota.

"Ketersediaan fasyankes tersebut dilakukan untuk menjamin keselamatan dan kesehatan para pemudik," ujar Pj. Gubernur Adhy usai memberangkatkan Mudik Gratis di Padepokan Pencak Silat TMII Jakarta, Jumat (5/4). 

Selain fasyankes, Pj. Gubernur Adhy menyampaikan, akan ada tim tenaga kesehatan (nakes) yang terdiri dari dokter, perawat, sanitarian, nakestrad, driver dan ambulans, yang akan ditempatkan pada seluruh fasilitas kesehatan baik rumah sakit maupun puskesmas. 

"Tim yang ada ini akan selalu standby 24 jam baik secara on site maupun on call," katanya

Baca Juga: Gressia FC Gresik Tampil Sebagai Juara Pertiwi Kajati Cup 2024

Sementara itu, berkaitan dengan kesiapan logistik, sarana dan prasarana bidang kesehatan, Adhy juga memastikan untuk melakukan pemenuhan obat-obatan atau emergency kit dan obat pertolongan pertama.

Lebih lanjut, Pj. Gubernur Adhy menambahkan, juga ada alat kesehatan pemeriksaan vital sign, bed dan sarana prasarana pemeriksaan pasien serta media promosi kesehatan pun telah disediakan.

"Secara keseluruhan kita sudah siap. Karena kita ingin pastikan mudik lebaran tahun ini berjalan dengan lancar. Sejumlah persiapan yang telah dilakukan ini, guna memastikan agar masyarakat Jatim bisa mudik dengan selamat, aman, nyaman dan bahagia," terang Adhy.

Baca Juga: Pertiwi Kajati Cup 2024, Angin Segar Bagi Pesepak Bola Wanita

Tak hanya layanan kesehatan, Adhy mengatakan, Pemprov Jatim juga menggelar mudik bareng gratis bagi masyarakat. Setidaknya terdapat 90 bus dengan total 1.440 kursi via online dan 2 160 kursi via operator untuk 17 rute perjalanan.

Berdasarkan data dari Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik lebaran secara nasional mencapai 193,6 juta orang, angka tersebut naik sebesar 56,38 persen dari tahun 2023. 

Editor : Redaksi