KIP Jatim Masa Jabatan 2023-2027 Dikukuhkan, Ini Pesan Gubernur Khofifah

Pengukuhan 5 anggota KIP Jatim (foto Jabrik AF)
Pengukuhan 5 anggota KIP Jatim (foto Jabrik AF)

SURABAYA,Tikta.id - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengukuhkan atau melantik lima anggota Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jatim masa jabatan 2023-2027.

Pelantikan digelar di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (24/11). Dalam sambutannya, Khofifah meminta anggota KIP Jatim langsung tancap gas di tengah tahun politik dengan arus informasi yang pesat. Sekaligus menjadi penyejuk suasana.

Baca Juga: Wajah Baru Monumen Monjaya, Hadirkan Fleet House, KRI Nanggala hingga Museum Pusat TNI AL

"Para komisioner ini masuk pada suasana yang memang sudah harus tancap gas. Bisa dibilang tidak ada warming up-nya. Tapi tentu saja bahwa kearifan demi kearifan harus terus dikomunikasikan," kata Khofifah.

"Harus ada penyejuk di situasi yang panas. Karena kalau udara, hati dan pikiran panas jadi tidak baik," tambahnya.

Baca Juga: Gubernur Jawa Timur Capaian Sub PIN Polio Jatim Lampaui Target

Khofifah mengatakan, saat ini perlu dilakukan pengawasan sekaligus edukasi untuk mengontrol arus informasi agar demokrasi dan kebebasan berpendapat untuk saling menghormati dan menghargai.

Oleh karena itu, Khofifah menyarankan untuk membangun kearifan dengan melakukan sosialisasi, edukasi, dan literasi. "Lalu lintas informasi hari ini pasti lebih padat. Dari kontennya maupun substansi yang mungkin tidak kredibel harus dijaga," tutur Khofifah.

Baca Juga: Indeks SPBE Jawa Timur 2023 Tembus 3,62  

"Saya rasa ada format-format agar kita bisa menggunakan media sosial dengan menyampaikan informasi maupun merespons secara bijak dan bertanggung jawab," kata Khofifah.

Adapun kelima anggota KIP Jatim yang dilantik adalah Edi Purwanto, Elis Yusniyawati, A. Nur Aminuddin, M. Sholahuddin, dan Yunus Mansur Yasin.

Editor : Redaksi