Polda Jatim Gencarkan Tes Urine Sopir Angkutan Umum 

Kabidhumas Polda Jatim Dirmanto
Kabidhumas Polda Jatim Dirmanto

Surabaya,Tikta.id - Pasca ditemukannya salah seorang sopir bus jurusan Blitar – Bandar Lampung positif menggunakan Narkoba saat pemeriksaan di Terminal Gayatri Kabupaten Tulungagung, Polda Jatim dan seluruh Polres jajarannya menggencarkan test urine bagi sopir angkutan umum.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat ( Kabidhumas) Polda Jawa Timur, Kombes Pol Dirmanto saat dikomfirmasi mengenai temuan Polres Tulungagung terkait kasus sopir Bus yang kedapatan positif mengkomsumsi psikotropika Amphetamine dan Methamphetamine.

Baca Juga: Samakan Persepsi Penanganan Narkoba, Srikandi Madas Audensi dengan Polrestabes Surabaya 

Dirmanto membenarkan adanya temuan seorang sopir bus yang menggunakan narkoba tersebut saat Polres Tulungagung bersama BNNK Tulungagung dan Dinas Perhubungan Tulungagung melaksanakan tes urin dan rampchek kendaraan angkutan umum.

“Saat ini sedang ditangani oleh Satresnarkoba Polres Tulungagung untuk pemeriksaan lebih lanjut,”kata  Dirmanto, Sabtu (13/4)

Sementara itu lanjut Kombes Dirmanto dalam rangka Operasi Ketupat Semeru 2024 ini Polda Jatim tetap berkomitmen mewujudkan mudik ceria penuh makna bagi Masyarakat dengan berbagai upaya.

“Upaya kami dari memaksimalkan patroli di titik rawan dan perumahan warga yang kosong karena ditinggal mudik hingga berupaya mencegah terjadinya kecelakaan baik itu pengaturan jalur hingga pengecekan kendaraan umum termasuk sopirnya,”kata Dirmanto.

Dengan ditemukannya satu orang sopir yang positif menggunakan Narkoba, maka pemeriksaan terhadap semua sopir bus di semua terminal yang ada di Jawa Timur akan digencarkan terutama pada masa Operasi Ketupat Semeru 2024.

Baca Juga: Ditlantas Polda Jatim Gelar Lomba Polisi Cilik

“Ini kan juga hal yang berpotensi sebagai penyebab kecelakaan, dan sesuai dengan petunjuk serta arahan dari Bapak Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugiyanto pada Operasi Ketupat Semeru 2024 ini targetnya adalah zero fatalitas kecelakaan,”jelas  Dirmanto.

Oleh karenanya lanjut Dirmanto menyatakan, tes urine itu juga akan digelar bersamaan dengan ramp check untuk mengetahui kesiapan kondisi armada bus selama masa angkutan lebaran untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

“Ini menjadi atensi Polda Jatim dengan intens melaksanakan kegiatan ramp check dan juga tes urine bagi para pengemudi angkutan umum,” kata Dirmanto.

Baca Juga: Polda Jatim Libatkan Tim Trauma Healing dan Psikiater Untuk Tersangka Briptu FN

Ditambahkan Dirmanto, saat ini memasuki fase arus wisata dan arus balik mudik yang menyebabkan jumlah kendaraan yang bergerak di Jatim mulai terjadi peningkatan termasuk transportasi umum seperti bus.

Untuk itu kegiatan ramp check dan tes urine di terminal perlu digencarkan supaya kondisi armada serta sopir dalam keadaan prima dalam menyambut fase pariwisata dan arus balik.

“Polda Jawa Timur akan mewajibkan seluruh terminal melaksanakan rampchek pada angkutan umum dan juga test urine akan kami laksanakan secara berkala bersama seluruh satuan wilayah Polda Jawa Timur,” pungkas Dirmanto. 

Editor : Redaksi