Hardikal ke-78, Kasal Laksamana TNl Muhammad Ali Buka Lomba Drone Race Tingkat Nasional

Kasal Cup Drone Race 2024 dan Kasal Cup Archery Championship 2024
Kasal Cup Drone Race 2024 dan Kasal Cup Archery Championship 2024

Surabaya,Tikta.id - Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Puspenerbal) menggelar lomba Drone Race bertajuk Kasal Cup Drone Race 2024 dan Kasal Cup Archery Championship 2024 dalam rangka Hari Pendidikan Angkatan Laut (Hardikal) Ke-78 dan HUT Ke-68 Penerbangan TNl AL.

Lomba dibuka secara bersamaan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNl Muhammad Ali di Apron Delta dan Shelter Heli Skuadron Udara 400 Wing Udara 2 Puspenerbal, Juanda, pada Sabtu (4/5).

Baca Juga: Samakan Visi, Dankodiklatal Hadiri Renaku-I TNI AL Tahun 2024

Kasal mengatakan, Drone Race tingkat nasional yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Ke-68 Penerbangan TNl Angkatan Laut, merupakan lomba Drone Race perdana yang digelar Puspenebal selama dua hari, pada 4 - 5 Mei 2024 bekerjasama dengan Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) dan Pengurus Besar Aero Sport Indonesia (PB. FASI) dengan diikuti lebih dari 81 peserta.

"Ada enam kategori Drone Race yang dilombakan kali ini yaitu, Micro Brushed/Brushless anak, Micro Brushless/Brushless TNI Polri, Micro Brushless/Brushless Umum, Drone 3 Inch Umum, Drone 5 Inch Umum Pemula dan Drone 5 Inch Umum Profesional." kata Kasal melalui siaran pers Puspenerbal.

Kasal menambahakan, lomba drone race ini juga bertujuan sebagai sarana berkumpul, berkomunikasi, berinteraksi antara pecinta drone sehingga tercipta sinergitas yang baik dan bernilai positif dalam mendukung tugas pokok dan bidang tugas masing-masing. 

Selain itu, lomba tersebut diharapkan dapat menjadi wadah olahraga drone race tingkat nasional, menjaring potensi atlet olahraga drone race di lndonesia dan membina atlet olahraga drone race khususnya dari kalangan TNI/Polri.

Disisi lain, terselenggaranya kegiatan ini menjadi bukti bahwa telah terjalinnya komunikasi yang baik antara komunitas pecinta drone dengan keluarga besar Penerbangan TNl AL. 

"Pada era ini, penggunaan wahana udara khususnya drone sudah sedemikian marak dan penting, seperti untuk fotografi, peliputan, pemetaan, surveillance, olahraga dan lain-lain, termasuk di kalangan militer, drone sudah menjadi salah satu senjata andalan mematikan dalam suatu operasi militer." beber Kasal

Sementara itu untuk Kasal Cup Archery Championship 2024 yang kedua dimana sebelumnya digelar pada tahun2021 lalu, meskipun di buka bersamaan dengan drone race, namun pelaksanaan lombanya akan digelar pada 4-9 Juni 2024 di Lapangan Dakota Lanudal Juanda yang akan diikuti oleh lebih dari 500 peserta.

Baca Juga: Rangkaian Hardikal Ke-78 Sukses Digelar, Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah Ucapkan Terimakasih

Kasal menjelaskan, Kasal Cup Archery Championship 2024 yang digelar dalam rangka Hardikal Ke-78 tahun 2024 dan HUT Ke-68 Penerbangan TNl AL selain bertujuan untuk memacu peningkatan olahraga panahan di Indonesia, sekaligus guna menghasilkan bibit-bibit atlit panahan TNI AL maupun atlit sipil yang berprestasi dan dapat mengharumkan TNI AL pada ajang kompetisi tingkat kesatuan, daerah, nasional maupun Internasional

Lomba Panahan Kasal Cup 2024 ini, urai Kasal terbagi dalam kategori Umum TNl Polri dan Kategori Prestasi/Usia. Untuk Umum TNl Polri terdiri dari kelas Barebow Jarak 20 M putra/putri dan Jarak 50 M putra/putri.

Kemudian kelas Compound jarak 50 M putra/putri, Recurve jarak 70 M putra/putri, dan Standard Bow jarak 50 M putra/putri.

Baca Juga: Prajurit TNI AL Dituntut Kuasai Teknologi Terkini 

Sementara itu, untuk Kategori Prestasi/Usia terbagi dalam kelasa Standard bow U-12 jarak 30 M putra/putri, U-15 jarak 30 M putra/putri, kelas Compound U-12 jarak 30 M putra/putri, U-15 jarak 40 M putra/putri, Paralon anak dan dewasa jarak 10 M. 

"Seluruh peserta berasal dari club atau sekolah panahan, instansi sipil dan militer, serta dari Pengkab/Pengkot/Pengprov Panahan dari seluruh Indonesia." tutur Kasal

Kasal menjabarkan, hasil akhir dari event ini memiliki sasaran untuk memasyarkatkan olahraga panahan dikalangan TNl AL sebagai budaya dan olahraga bangsa Indonesia, serta terbentuknya bibit atlet panahan TNI AL yang dapat mengharumkan nama TNI AL dalam berbagi event.

"Pemenang pada olahraga Panahan ini akan menerima sertifikat dan medali juara, selain itu bagi atlet pelajar yang berprestasi akan dapat kemudahan atlet pelajar tesebut untuk masuk sekolah favorit yang diinginkan." tutup Kasal.

Editor : Redaksi