Samakan Visi, Dankodiklatal Hadiri Renaku-I TNI AL Tahun 2024

TIKTA.id, Jakarta - Guna menyamakan Visi menuju Indonesia Emas 2045, Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah menghadiri Pembukaan Renaku-I TNI Angkatan Laut (TNI AL) Tahun 2024 oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali yang didampingi Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Erwin S. Aldhedarma, di Gedung Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Rabu (29/05).

Dalam amanatnya Kasal mengatakan bahwa Tahun 2025 merupakan tahun pertama dari Renstra 2025-2029 dan merupakan Renstra permulaan dari tahapan pembangunan jangka panjang nasional 2025-2045.

Baca Juga: Skuadron Udara 600 Wing Udara 2 Puspenerbal Evakuasi Medis Udara dari Sangatta

Saat ini, juga dihadapkan pada tantangan lain, yaitu penyusunan postur kekuatan TNI Angkatan Laut 2025-2044 yang sejalan dengan rencana pembangunan jangka panjang nasional 2025-2045.

Disamping itu, pemerintah merumuskan tahun 2045 merupakan tahun Indonesia Emas, dimana tahun itu tepat Indonesia berusia 100 tahun dengan bonus demografi usia produktif 70%. 

Kasal juga mengungkapkan bahwa, Visi Indonesia Emas 2045 yakni sebagai negara Nusantara berdaulat, maju dan berkelanjutan. Visi tersebut menyiratkan tantangan besar, sekaligus harapan untuk mewujudkan cita-cita membangun kekuatan Angkatan Laut yang berdaya gentar tinggi serta disegani baik regional maupun internasional.

"Untuk itu, saya berharap perencanaan tahun 2025 ini akan menjadi sangat strategis untuk meletakkan dasar-dasar transformasi yang kuat dan bahkan menjadi basis untuk tingkat pertumbuhan pada tahapan berikutnya, sekaligus menjadi window opportunity sebelum kita melangkah pada pembangunan postur kekuatan TNI Angkatan Laut 2025-2044 guna mendukung visi Indonesia Emas 2045," jelas Kasal.

Baca Juga: Ratusan Prajurit Bintara Jalasena Siap Jalani Pendidikan Strata Perwira TNI AL

Penyusunan Rencana Kerja TNI Angkatan Laut Tahun Anggaran 2025 juga diarahkan untuk mendukung program prioritas yang ditetapkan dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2025 yang mengusung tema " Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Yang Inklusif dan Berkelanjutan".

Rakor Renaku-I TNI AL Tahun 2024 ini dihadiri para Pejabat Utama Mabesal, Pemimpin Kotama TNI Angkatan Laut, Peserta yang hadir secara langsung maupun melalui Vicon.

Sedangkan dalam pertemuan tersebut Dankodiklatal didampingi oleh Dirum Kodiklatal Laksma TNI Dedy Junaidi, Dankodikopsla Kodiklatal.

Baca Juga: Dansatdik 1 Kodiklatal, Terima Kunjungan Kerja Dankodiklatal

Laksma TNI Muhammad Iwan Kusumah, Dankodikdukum Kodiklatal Laksma TNI Taufik Arief, serta Dankodikmar Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Samson Sitohang.

Sementara itu, ditempat yang berbeda, Wakil Komandan (Wadan) Kodiklatal Laksda TNI Eko Wahjono didampingi oleh Paban I Ren Ditum Kodiklatal Kolonel Laut (S) Anas Yusuf Panjaitan.

Paban IV Log Ditum Kodiklatal Kolonel Laut (T) Ahmad Alfajar, dan Wadan Puslatdiksarmil Letkol Marinir Martin Mangasi Suwono Manurung mengikuti kegiatan Renaku-I Tahun 2024 melalui media Vicon dari Mako Kodiklatal, Bumimoro Surabaya.

Editor : Redaksi