Pola Humanis Tangani Balapan Liar

PAMEKASAN,Tikta.id – Tak pernah putus asa bagi Polres Pemekasan Polda Jatim dalam menangani persoalan balapan liar yang seperti perang gerilya ini.

Kali ini personel gabungan kembali diturunkan untuk melaksanakan penertiban aksi balap liar yang sering meresahkan Masyarakat di Jl. Kabupaten dan Jl. Jokotole, Pamekasan.

Baca Juga: Kabur Dua Hari, Terduga Pelaku Curanmor Akhirnya Diciduk 

Alhasil dalam giat razia tersebut, puluhan sepeda motor diamankan dan dibawa ke Mapolres Pamekasan pada Sabtu (4/5) dini hari.

Beberapa pemuda yang diduga melakukan aksi balap liar juga diamankan di Mapolres Pamekasan untuk diberikan pembinaan dan himbauan terkait bahaya balap liar.

Kapolres Pamekasan AKBP Jazuli Dani Iriawan melalui Kasihumas Polres Pamekasan AKP Sri Sugiarto menyampaikan bahwa penertiban tersebut demi keamanan dan ketertiban Masyarakat.

“Agar pengguna jalan lainnya tidak terganggu dengan adanya aksi balap liar yang meresahkan Masyarakat,”kata AKP Sri Sugiarto, Rabu (8/5).

Kasihumas Polres Pamekasan juga mengatakan, bahwa operasi tersebut dipimpin langsung oleh Kabagops Polres Pamekasan Kompol Bambang, dimulai sejak tengah malam hingga menjelang subuh.

Baca Juga: Diduga Akan Balap Liar, Puluhan Motor Tak Sesuai Spektek Disita

“Hasil razia bali tersebut, puluhan sepeda motor roda dua kami amankan serta beberapa remaja yang diduga terlibat balap liar turut diamankan, untuk diberikan pembinaan,”ujar Sri Sugiarto.

Puluhan remaja itu juga diminta untuk menandatangani surat pernyataan tidak mengulangi lagi perbuatan serupa dikemudian hari.

Sri Sugiarto menyebutkan bahwa para remaja yang terjaring dalam razia tersebut berasal dari beberapa kecamatan di Kabupaten Pamekasan.

Baca Juga: Cegah Balap Liar Polisi Gandeng IMI Gelar Dragsetting

“Mereka Warga Pamekasan semua, dan sesuai petunjuk dan arahan Bapak Kapolres Pamekasan kami berlakukan pola humanis untuk menangani permasalahan ini,”tambah Sri Sugiarto.

Ia berharap kegiatan penertiban ini dapat menyadarkan masyarakat terutama yang terlibat aksi balap liar agar tidak mengulangi lagi perbuatan tersebut yang membahayakan orang lain dan diri sendiri.

“Mari kita bersama-sama jaga Kabupaten Pamekasan serta ciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif,” ajaknya. 

Editor : Redaksi