Jelang Musim Liburan, Ini yang Harus Diperhatikan Saat Cek Mobil Agar Perjalanan Nyaman

Ilustrasi/net
Ilustrasi/net

SURABAYA,Tikta.id - Musim liburan panjang sebentar lagi tiba. Karenanya, di awal bulan ini jadi waktu yang tepat untuk mempersiapkan segala keperluan dengan matang agar nantinya momen liburan jadi semakin menyenangkan dan sesuai rencana.

Salah satu yang harus diperhatikan adalah kondisi kendaraan yang akan digunakan untuk menempuh perjalanan saat berlibur. Dengan memastikan kendaraan dalam kondisi optimal, kita bisa mencegah potensi masalah teknis yang dapat mengganggu kenyamanan perjalanan.

Baca Juga: Libur Nataru KAI Daop 8 Surabaya Dibanjiri Kedatangan 22 Ribu Penumpang

Untuk memastikan keamanan dan keselamatan seluruh anggota keluarga, ada baiknya melakukan pemeriksaan kendaraan secara menyeluruh, apalagi jika akan digunakan untuk road trip atau perjalanan jauh.

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan meliputi kondisi dan kelayakan mesin untuk memastikan oerforma kendaraan optimal. Pastikan mesin berfungsi dengan baik dengan cek kondisi mesin secara menyeluruh.

Komponen yang perlu dicek salah satunya adalah oli dengan melihat tingkat keenceran, besaran volume oli dengan bantuan dipstick oli. Periksa level oli ada pada sekitar pertengahan titik maksimum dan minimum.

Kemudian, cek juga kondisi kelistrikan untuk mendukung kenyamanan perjalanan. Bagian kelistrikan menjadi hal penting yang harus dicek dan dirawat sedemikian rupa.

Baca Juga: Tutup Akhir Tahun 2023, KAI Daop 8 Berangkatkan 20 Ribu Penumpang Jarak Jauh

Pasalnya, kondisi kelistrikan dapat memengaruhi kinerja komponen dan fitur kendaraan lain, mulai dari lampu, sistem entertainment, hingga sistem starter. Pentingnya kinerja kelistrikan yang prima membuat aki mobil perlu dicek, termasuk volume dari air aki.

Berikutnya, cek kondisi ban dan rem untuk menjamin keselamatan diri dan keluarga. Musim liburan biasa dihabiskan dengan pergi ke luar kota. Nah, selama perjalanan jauh ini, rem mobil akan sering digunakan dan dapat mengalami aus berlebih karena beban kerja yang lebih berat.

Karenanya, penting untuk cek kampas, rotor, hingga minyak rem dan melakukan penggantian bila diperlukan. Cek juga tekanan ban dengan mengacu pada panduan di sela pintu pengemudi. Pastikan ban masih jauh dari Tread Wear Indicator (TWI) yang tersedia pada beberapa jenis ban.

Baca Juga: Jelang Tahun Baru 2024 Polda Jatim Gelar Razia Hiburan Malam

Selanjutnya, cek kondisi kaki-kaki untuk menjaga pengalaman berkendara. Saat melakukan perjalanan selama liburan, ada baiknya kita bersiap untuk menghadapi berbagai kondisi jalan. Pastikan juga komponen kaki-kaki lain tidak menimbulkan suara berlebih. Jika diperlukan, lakukan spooring and alignment agar roda dan kaki-kaki tetap aman dan nyaman untuk berkendara.

Terakhir, ketersediaan perlengkapan darurat untuk mengantisipasi situasi di luar dugaan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan liburan, pastikan kamu menyimpan berbagai perlengkapan darurat di dalam kendaraan, baik untuk mengantisipasi kondisi tidak mengenakkan terhadap kendaraan maupun anggota keluarga.

Beberapa perlengkapan darurat yang perlu tersedia di antaranya adalah segitiga pengaman, perangkat pemadam api, dan P3K.

Editor : Redaksi