Walikota Surabaya Salurkan Puluhan Hewan Kurban, Dirut RPH: Beratnya Mencapai 1 Ton 

Pemotongan hewan kurban di RPH Surabaya
Pemotongan hewan kurban di RPH Surabaya

Tikta.id - Dirut RPH Surabaya Fajar Arifianto Isnuroho mengatakan, Walikota Surabaya, Eri Cahyadi bersama jajaran OPD dan BUMD Surabaya, menyalurkan 83 ekor sapi kurban kepada masyarakat. 

Sapi kurban tersebut diberikan kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, pondok pesantren, yayasan yatim piatu, yayasan sosial, keagamaan kemasyarakatan, dan sebagainya. 

Baca Juga: Komisi C Sebut Penertiban Parkir Liar oleh Pemkot Surabaya untuk Tingkatkan PAD

"Tahun lalu pak Wali membagikan sekitar 22 ekor sapi dari beliau sendiri dan dari OPD sekitar 30-an, tapi tahun ini meningkat karena memang banyak yang harus diperhatikan di momen Idul Kurban, yaitu momen terbaik untuk memberikan yang terbaik, hewan kurban terbaik kepada masyarakat Surabaya dan warga-warga yang membutuhkan," sebutnya, Selasa (18/6).

Fajar merinci, pemberian hewan kurban Walikota Surabaya Idul Adha tahun ini, 45 ekor sapi jumbo beratnya 750 kg hingga 1 ton, disalurkan di Masjid Kemayoran, Ampel dan Ponpes Al Fitrah.

"Yang 1 ton diberikan kepada masjid Kemayoran, masjid Ampel dan masjid Pondok Pesantren al-fitrah," katanya.

Baca Juga: PKS Resmi Usung Eri Cahyadi Untuk Pilwali Surabaya 2024

Dikatakan, hingga hari pertama, kedua dan ketiga sapi yang dipotong mengalami penurunan sebanyak 77 ekor, termasuk dari Walikota dan dari beberapa partai dan ormas.

"Mengapa berkurang, analisa saya tahun ini tidak isu penyakit ternak LSD dan PMK, jadi kepercayaan masyarakat untuk memotong sendiri meningkat," sebut Fajar.

Baca Juga: Sidak, Eri Cahyadi Temukan Oknum Jukir Patok Tarif Parkir Rp35.000, Komisi A Tamparan bagi Dishub

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menjamin penyembelihan hewan kurban di RPH Surabaya dilakukan dengan aman dan sehat. Setiap hewan kurban yang akan dipotong, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan oleh dokter hewan.

"Pemeriksaan hewan kurban secara merata dilakukan oleh dokter hewan. Setiap yang akan disembelih dilakukan pemeriksaan, dan ada sertifikasi kalau hewannya sehat," terangnya.

Editor : Redaksi