Lestarikan Ekosistem Alam, Tanam Ribuan Pohon di Adventure Land Romokalisari

Penyebaran ikan lele di sela-sela penanaman pohon
Penyebaran ikan lele di sela-sela penanaman pohon

Tikta.id - Komandan Kodim (Dandim) 0830/Surabaya Utara Kolonel Inf Dharmawan Setyo Nugroho menghadiri penanaman pohon, ketahanan pangan dan pemberian Beasiswa, di Adventure Land Romokalisari Kelurahan Romokalisari Kecamatan Benowo

Kegiatan tersebut menyemarakkan Hari Bhayangkara Ke-78 tahun 2024, yang dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: HUT Bhayangkara ke-78, Srikandi Madas Minta Polri Jadi Garda Terdepan Penegakan Hukum Kekerasan Anak

Sebanyak 1.000 Pohon Bakau dan 500 pohon mangrove akan ditanam guna mendukung kelestarian ekosistem pesisir pantai serta 200 bibit cabai diberikan kepada kelompok warga dan 200 bibit ikan lele dan 200 bibit ikan nila yang disebar di kolam ikan sekitar guna mendukung program ketahanan pangan wilayah.

Dandim 0830/Surabaya Utara berharap, penanaman pohon dapat dijaga dan dilestarikan bersama.

"Kegiatan penanaman ini bagus untuk kelangsungan ekosistem laut dan bisa mencegah abrasi pantai di wilayah Pesisir Pantai Khususnya di Romokalisari ini," ujarnya, Sabtu (29/6)

"Besar harapan melalui kegiatan ini tidak cuma sekedar menjadi sebuah seremoni penanaman tanpa ada hasil yang berkelanjutan." tambahnya.

Baca Juga: Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-78, Tingkatkan Keamanan Kota Surabaya

Maka dari itu, pihaknya menitipkan kepada pengelola dan masyarakat agar menjaga lingkungan dan tidak merusak pohan yang telah ditanam.

"Kami menitipkan kepada pengelola dan masyarakat sekitar supaya pohon yang sudah ditanam dan bibit ikan yang sudah disebar harus tetap kita perhatikan dan jangan dirusak," ungkapnya.

Selain itu, dia juga menekankan pentingnya pemahaman fungsi ekosistem untuk menjaga kelestarian alam.

Baca Juga: Atasi Kekeringan Polres Blitar Kota Bangun Sumur Bor di Dua Kecamatan

"Program ini diharapkan masyarakat memahami pentingnya fungsi ekosistem sehingga timbul kesadaran dan kepedulian untuk menjaga dan melestarikannya." tandasnya.

Diusia Bhayangkara Ke-78 ini, Dandim menaruh harapan besar kepada Polri untuk bisa menjadi Tauladan, amanah, pengayom, dan pelayan masyarakat sesuai dengan yang diharapkan. 

"Serta semoga sinergitas TNI-Polri yang selama ini terjalin dengan baik akan semakin erat terutama dalam memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat.

Editor : Redaksi