Langkah Membumi Festival 2023, Semangat Membumikan Perubahan dan Inovasi Berkelanjutan  

Langkah kecil untuk bumi lebih hijau dari pengunjung dengan membawa sampah yang Blibli konversikan dengan penanaman pohon.
Langkah kecil untuk bumi lebih hijau dari pengunjung dengan membawa sampah yang Blibli konversikan dengan penanaman pohon.

JAKARTA,Tikta.id - Langkah Membumi Festival 2023 yang diselenggarakan oleh Blibli Tiket ACTION - program sustainability dari Blibli Tiket Group - bersama dengan venture builder Ecoxyztem, membangkitkan semangat collective action dalam menghadapi tantangan krisis iklim.

Dengan melibatkan 130 pelaku industri, ecopreneur dan aktivis lingkungan, festival ini menginspirasi perubahan perilaku yang lebih berkelanjutan lewat sharing knowledge dan pemberdayaan, serta mengundang antusiasme 5.000 pengunjung yang tergerak berpartisipasi.

Baca Juga: Anas Karno Sepakat Agar Petugas Gerobak Sampah Mendapatkan Insentif

Inisiatif kolaboratif ini berhasil mengumpulkan sebanyak 330 kg sampah terpilah dari para pengunjung, dengan komposisi 108,9 kg plastik dan 72,6 kg sampah kertas atau kardus, yang selanjutnya dikelola oleh Waste4Change dengan sistem zero waste to landfill atau tidak ada sampah yang berakhir di TPA, semakin memperkuat semangat 'One Action, One Earth' yang menjadi inti dari inisiatif ini.

Lisa Widodo, COO & Co-Founder Blibli mengatakan, sebagai perwakilan Blibli Tiket, pihaknya ingin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah menunjukkan dedikasi, kreativitas, dan komitmen luar biasa dalam mendukung Langkah Membumi Festival.

"Festival ini menjadi tonggak awal dalam mendorong perubahan menuju praktik yang berkelanjutan, sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045 dan tujuan Sustainable Development Goals (SDG) pilar 12, 13, dan 17 yang menekankan pada konsumsi yang bertanggungjawab, penanggulangan perubahan iklim, dan pentingnya kemitraan untuk mencapai tujuan bersama dalam mewujudkan sustainable growth di Indonesia," kata Lisa.

Apresiasi yang sama juga disampaikan oleh Andreas Pandu Wirawan, Chief Commercial Officer Ecoxyztem yang menyebut sustainability bukan sekadar komitmen, tapi prinsip yang seharusnya mengintegrasikan manfaat lingkungan, sosial, dan ekonomi.

"Kami berterima kasih dipercaya menjadi mitra strategis dalam penyelenggaraan Langkah Membumi Festival 2023 yang membantu mengangkat peran strategis ecopreneur dalam menjembatani perubahan bersama pelaku industri melalui inovasi dan inisiatif yang berkelanjutan. Semoga setelah acara ini, kita semua dapat meneruskan semangat perubahan ini karena setiap langkah kecil dan investasi kita berarti bagi bumi," kata Andreas.

Untuk memperkenalkan gaya hidup dan praktik bisnis berkelanjutan kepada masyarakat luas, Langkah Membumi Festival memfasilitasi sharing knowledge yang dikemas dalam beragam pendekatan menarik.

Baca Juga: Kepada DPRD Warga Minta Petugas Gerobak Sampah Diberi Insentif Layaknya Ketua RT

Selama dua hari penyelenggaraan, total 150 peserta mengikuti 7 workshop yang digelar, diikuti kaum muda dan keluarga. Mulai dari workshop pembuatan parfum dengan minyak esensial oleh Atsiri Indonesia, daur naik baju lama bersama Setali, daur naik pet toys didukung Liberty Society, pembuatan tempe organik oleh Demi Bumi, hingga teknik pengomposan bahan organik oleh Kebun Kumara.

Art installation edukatif turut menarik perhatian pengunjung, seperti edukasi memilah sampah persembahan Dusdukduk, serta instalasi seni Aquifer persembahan iForte berkolaborasi bersama Digital Nativ, mengungkap hubungan antara kota dan salah satu sumber daya terpentingnya air tanah.

Antusiasme juga terlihat dari partisipasi aktif setidaknya 1000 pengunjung di sejumlah rangkaian kegiatan lainnya, mulai dari kegiatan pound fit, hitung jejak karbon bersama CarbonEthics, pilah sampah dari rumah, uji emisi kendaraan, cek kesehatan, dan turut berdonasi penanaman pohon lewat LindungiHutan.

Langkah Membumi Festival juga berperan sebagai wadah untuk mengumpulkan ide dan gagasan keberlanjutan, tercermin melalui Langkah Membumi Networking yang dihadiri oleh ecopreneur, mitra strategis dan penggiat sustainability, digagas bersama Paloma Sjahrir Foundation dan TS Media.

Baca Juga: Kampanye Hijau, Badan Kebudayaan Nasional PDI-P Surabaya Tanam Ratusan Pohon

Sejumlah penggiat sustainability juga tampak hadir, mulai dari Cinta Laura, Luna Maya, Tamara Wu, Liliana Tanoesoedibjo, dan Miss World Indonesia 2022 Audrey Vanessa.

Selain itu, berbagai bahasan menarik juga dituangkan dalam 9 talk show dan 4 ecopreneur business pitch. Dalam salah satu talk show bertajuk “KolaborAksi Ekosistem Berkelanjutan”, Eddy Lukita, VP of Automotive Category Blibli mengungkap kesiapan infrastruktur dan aksesibilitas menjadi kunci dalam mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia.

“Di sini Blibli dengan track recordnya sebagai trusted e-commerce partner untuk beragam produk otomotif mengemban peran menjembatani penyaluran insentif subsidi untuk motor listrik, bermitra dengan pihak pembiayaan sekaligus memastikan terselenggaranya edukasi kolaboratif yang melibatkan pemerintah dan sektor swasta,” kata Eddy.

Musisi papan atas tanah air, seperti Barasuara dan Diskoria turut ikut andil menggaungkan semangat kolaborasi di festival ini. Lantunan musik yang dibawakan mengundang sing along dari ratusan anak muda, menjadi penutup manis yang menandai berakhirnya Langkah Membumi Festival tahun ini.

Editor : Redaksi