Gandeng IDS Digital College, PCU Buka Program S2 Scriptwriting & Copywriting

Robert Ronny sebagai CEO Paragon Pictures saat membawakan materi dengan topik "Entering the Film Industry: Mastering Your Scriptwriting Career Path" di PCU
Robert Ronny sebagai CEO Paragon Pictures saat membawakan materi dengan topik "Entering the Film Industry: Mastering Your Scriptwriting Career Path" di PCU

SURABAYA, Tikta.id - Master’s Program in Literature atau Magister Sastra PCU (Petra Christian University) menjadi satu-satunya di Indonesia yang menawarkan program S2 di bidang Scriptwriting & Copywriting.

“Sampai saat ini masih belum ada program akademik dalam pendidikan formal di Indonesia, bahkan sampai jenjang S2, yang secara khusus mempelajari tentang scriptwriting dan copywriting. Padahal sekarang ini, kebutuhan akan penulis naskah film di dunia industri kreatif sedang sangat dibutuhkan dan banyak dicari,” ujar Dr. Liem Satya Limanta selaku Kaprodi Magister Sastra PCU.

Baca Juga: Pameran “Ennui”, Kenalkan Berbagai Teknik Seni Grafis

Selain penulisan naskah film, copywriting juga menjadi hal penting yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan, khususnya periklanan. Sehingga di program ini mahasiswa juga akan dibekali dengan keterampilan dalam menulis naskah teks yang diperlukan untuk isi website, media sosial, email marketing, poster, brosur, dan media iklan yang lain.

Program S2 Scriptwriting & Copywriting ini adalah kerja sama antara Magister Sastra PCU dan IDS Digital College, yang merupakan lembaga pendidikan formal dalam naungan IDS Group.

IDS Digital College sendiri telah bekerjasama erat dengan para praktisi industri, salah satunya adalah Ideosource Entertainment. Berfokus pada produksi konten, distribusi, dan investasi di industri hiburan, beberapa film layar lebar yang telah dihasilkan antara lain adalah Gundala, Losmen Bu Broto, Keluarga Cemara, Kulari ke Pantai, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Borong 8 Juara di LO Kreatif 2023, Mahasiswa PCU Unjuk Ragam Karya Menarik

Dunia perfilman Indonesia kini memang sedang mencapai puncaknya. Terbukti semakin banyak film-film nasional Indonesia yang sudah bisa masuk ke pasar dunia, misalnya ditayangkan lewat Netflix dan Prime Video yang dimiliki oleh Amazon.

“Melihat trend tersebut, artinya skill dalam menghasilkan sebuah karya naskah film yang apik juga semakin dibutuhkan. Oleh karena itu, PCU menggandeng IDS Digital College untuk mempertemukan antara akademis dengan kebutuhan di dunia industri kreatif. Dengan kata lain, kini masyarakat dapat mempelajari scriptwriting dan copywriting secara akademik di pendidikan formal,” imbuh Satya.

Kaprodi Magister Sastra PCU itu merinci bahwa selain belajar mengenai naskah film layar lebar, para mahasiswa juga belajar tentang naskah series yang tak kalah populer saat ini. Ditambah lagi, para lulusannya juga akan mendapat sertifikat dari IDS Digital College.

Baca Juga: Pemimpin Masa Depan Dalam Kacamata Gen Z Sebagai Pemilih Pemula, Berikut Orasinya!

"Sertifikat itu menunjukkan kompetensi dan kredibilitas dari para lulusan kami,” ujarnya.

Kegiatan soft launching program S2 ini juga dihadiri oleh Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito sebagai Rektor PCU, Dwi Setiawan selaku Dekan Faculty of Humanities and Creative Industries, Andi Boediman sebagai CEO Ideosource Entertainment, dan Robert Ronny sebagai CEO Paragon Pictures yang juga menjadi narasumber dalam Open Lecture dengan topik "Entering the Film Industry: Mastering Your Scriptwriting Career Path".

Editor : Redaksi