Kreativitas Tanpa Batas, Siswa SMP Negeri 6 Pemalang Sulap Botol Plastik Jadi Sofa Cantik

Reporter : Anil Rachman
SMPN 6 Pemalang saat bikin Sofa dari tutup botol plastik

PEMALANG -  Ditengah l kecemasan akan dampak limbah plastik yang dihasilkan dari sampah rumah tangga dan masyarakat akhir -akhir ini, SMPN 6 Pemalang, membuat ide kreativitas dalam mendaur ulang limbah sampah tersebut, Salah satunya adalah mengubah sampah botol plastik bekas, menjadi sofa atau tempat duduk yang cantik.

Dengan sedikit sentuhan dan kreativitas tangan, botol-botol plastik ini dapat disulap menjadi berbagai hal yang bermanfaat, mulai dari kerajinan hingga produk fungsional yang berguna sehari-hari. 

Baca juga: Dindikbud Kabupaten Pemalang Observasi Terhadap Kinerja Kepala Sekolah

Menurut kepala sekolah SMP Negeri 6 Pemalang Purwaningsih, bermula dari kekhawatiran masalah sampah serta untuk mengisi sekaligus mengedukasi para siswa , tercetuslah ide untuk melakukan pemanfaatan sampah botol plastik melalui program Proyek penguatan profil pelajar pancasila atau P5 .

"Bermula dari kekhawatiran masalah sampah, kita manfaatkan beberapa botol plastik bekas dibuat aneka kerajinan tangan seperti Sobotik dam lampu lampion," Ujar Purwaningsih, pada Sabtu (19/10)

Purwaningsih mengungkapkan, awal dicetuskan ide pembuatan Sobotik atau Sofa dari botol plastik terhitung masih baru, untuk mengisi agenda kegiatan siswa pada program P5 tersebut.

Ide kreativitas itu bermula dari melihat media sosial terkait banyaknya ide-ide kreatif yang dapat dikembangkan guna menghasilkan sebuah karya bermanfaat dari sampah.

Baca juga: SMPN 6 Pemalang Mulai Terapkan Progam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

"Dengan pembuatan Sobotik ini , diharapkan nantinya para siswa bisa mandiri membuat di rumah, untuk teori serta bahan - bahan pembuatannya sekaligus prakteknya sudah kami ajarkan di sekolahan," imbuhnya.

Dijelaskan Kepsek SMP Negeri 6 Purwaningsih, Untuk membuat sofa ukuran sedang , diperlukan 19 botol berukuran 900 ml, saat ini Produk Sobotik dari para siswanya  hanya untuk memenuhi kebutuhan meubeler sekolahan saja

"Seperti buat tempat duduk di ruangan Guru dan depan kelas, serta sebagai tempat duduk pada ruangan pojok baca perpustakaan sekolah." tuturnya

Baca juga: Budayakan Hidup Sehat, SMP Negeri 6 Pemalang Gelar Jum'at Sehat Secara Periodik

Para siswa tdak hanya berfokus pada pembuatan sofa botol plastik saja, melainkan juga memproduksi sejumlah barang bernilai lainya, seperti lampu lampion dari bekas gelas plastik air mineral.

"Sofa botol plastik atau sobotik buatan SMP Negeri 6 ini didesain oleh Zainuddin, memiliki daya tahan hingga 100 kilogram jadi aman untuk diduduki siswa dan guru," jelasnya.

Editor : Redaksi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru