Gencarkan Sosialisasi Pemilih Pemula, KPU Kota Surabaya Gandeng Karang Taruna Putat Jaya

Reporter : Aldi Fakhrudin
Sosialisasi KPU Surabaya untuk pemilih pemula

SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya menggandeng Karang Taruna kelurahan Putat Jaya, melaksanakan sosialisasi pemilih pemula dalam upaya meningkatkan partisipasi dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Walikota (Pilwali) serentak tahun 2024, Sabtu (26/10) malam.

Sedangkan tema yang diangkat, 'Strategis dan Partisipatif Pemuda Dalam Pilkada 2024'. Kegiatan sosialisasi berlangsung di Kantor Kelurahan Putat Jaya dengan diikuti oleh puluhan anggota dan pengurus karang taruna kelurahan Putat Jaya.

Baca juga: Jelang Pilkada Serentak 2024, Panwascam Rungkut Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Kendati demikian, Lubna Aliya sebagai Ketua Karang Taruna menjelaskan, bahwa kegiatan hari ini (sosialisai) mempunyai harapan yang cukup besar bagi Pemuda untuk memilih pemimpin untuk 5 tahun ke depan.

"Untuk kegiatan sosialisasi di Kelurahan Putat Jaya khususnya di Pemuda, kami memiliki harapan yang paling besar ke pemuda, agar mereka dapat memiliki pengetahuan yang luas tentang pilkada 2024," jelasnya pada saat dikonfirmasi pewarta tikta.id., setelah acara selesai.

Tujuan diadakan sosialisasi tatap muka, untuk mengajak anak muda agar ikut serta dalam mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang nantinya berlangsung di tanggal 27 November 2024.

Menurut dia, ini akan memberikan pemahaman tentang strategi dan partisipasi pemuda dalam pemilu.

"Tujuan pada malam hari ini memang sesuai dengan judulnya untuk memberikan pengetahuan bagaimana strategi dan partisipasi pemuda dalam pemilu itu agar kita gak buta terhadap peta politik yang ada di kota Surabaya," ujarnya.

Bakron Hadi, Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Surabaya menjelaskan, kegiatan ini sebagai pintu utama pendekatan kepada generasi muda.

"Bentuk dari upaya KPU, kita melakukan pendekatan kepada pemilih pemula yang ada di kelurahan Putat Jaya. Karena ini segmennya cukup besar, jadi kita melakukan sosialisasi," ungkapnya.

Baca juga: Sosialisasikan Kesadaran dan Keselamatan Lalu Lintas bagi Pelajar SMA

Dirinya pun menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat berjalan baik karena dukungan yang diberikan oleh Karang Taruna.

"Kita juga berterima kasih karena Karang Taruna kelurahan Putat Jaya yang sangat responsif," ujarnya.

Ketika ditanya lebih lanjut terkait target yang ingin dicapai, dirinya menjelaskan bahwa Sosialisasi ini diharapkan dapat membuka kesadaran generasi muda dalam memeriahkan kontestasi Pilkada yang akan datang.

"Ini sebagai penyadaran kepada teman-teman yang masih muda tentang bagaimana berdemokrasi di Kota Surabaya, juga mengingatkan kembali bahwa pesta demokrasi tanggal 27 November nanti adalah hajat seluruh masyarakat Surabaya juga Jawa Timur," imbuhnya.

Bakron berharap kegiatan ini dapat menjaring lebih banyak partisipasi generasi muda dalam pemilihan nantinya.

Baca juga: Edukasi Keselamatan Berlalu Lintas, Polisi Bagikan Brosur dan Stiker

"Harapan tentunya untuk yang malam ini hadir bisa menyampaikan ke saudara, teman temannya dan pada tanggal 27 nanti hadir untuk nyoblos di TPS," tutupnya.

Sementara menurut Muthowif, salah satu pemateri menuturkan, sangat mengapresiasi karang taruna kelurahan Putat jaya yang berani melaksanakan sosialisasi tatap muka pemilihan wali kota dan wakil walikota.

"Tidak semua karang taruna tingkat kelurahan berani melaksanakan sosialisasi tatap muka Pilwali serentak 2024". Lanjut dosen fisip Unipra Surabaya.

Apalagi dari peserta yang hadir dalam sosialisasi ada yang baru akan memilih besok dalam pelaksanaan pilwali, sangat istimewa generasi karang taruna kelurahan Putat jaya. Tuturnya.

Editor : Redaksi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru