Ciptakan Satker Bersih, Tim Pemeriksaan Kebersihan Mengecek Dispen Kodiklatal

Tim pemeriksaan kebersihan saat mengecek kebersihan satker Kodiklatal
Tim pemeriksaan kebersihan saat mengecek kebersihan satker Kodiklatal

SURABAYA,Tikta.id - Untuk menilai kebersihan lingkungan di Satuan Kerja (Satker) jajaran Kodiklatal, Tim pemeriksaan kebersihan yang mengecek kantor Dinas Penerangan (Dispen) Kodiklatal, di Monumen Yos Sudarso Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. 

Tim pemeriksaan kebersihan diketuai Letkol Laut (K/W) Ririn Lestari Ningsih beserta delapan orang lainnya.

Baca Juga: Jalasena Panahan Kodiklatal Juara Umum Kasal Cup Archery Championship 2024

Penilaian lomba kebersihan antar Satker Kodiklatal dilaksanakan sebulan sekali, dan pada kali ini sudah memasuki Minggu keempat.

Letkol Laut (KH) Bayu Aprianto sebagai koordinator tim juri lomba kebersihan menyampaikan, lomba ini sesuai perintah Komandan Kodiklatal untuk menciptakan Satker di lingkungan Kodiklatal bersih, asri, indah, nyaman dan sejuk.

Apalagi tambah dia, saat ini sedang musim hujan sehingga personel baik antap maupun siswa diimbau selalu menjaga kesehatan.

Kemudian menjaga pola hidup yang baik dan benar serta senantiasa memperhatikan kebersihan lingkungan.

Baca Juga: Penutupan Archery Championship Kasal Cup 2024. Ini Para Jawaranya 

"Jangan membuang sampah disembarang tempat, apalagi disaluran air yang akan menyebabkan aliran air menjadi buntu, dan hindari genangan air yang dapat menyebabkan berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti penyebab penyakit demam berdarah. Jadi dengan adanya lomba kebersihan antar Satker ini diharapkan adanya kesadaran masing-masing personel, antap maupun siswa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungannya," kata Letkol Bayu, Minggu (28/1)

Letkol Ririn menjelaskan tentang kriteria penilaian lomba kebersihan. Menurutnya kriteria itu meliputi kebersihan ruang kerja, ruang rapat, longroom, pantry.

Kemudian toilet dan sistem penampug air, selanjutnya taman, jalan dan parit. Disitu urai dia yang dinilai kebersihan, kesehatan, kerapian dan kenyamanan.

Baca Juga: Fun Archery Ajang Salurkan Bakat Memanah

"Penilaian lomba kebersihan telah melewati beberapa pertimbangan salah satunya adalah dari luasan bangunan area dan jumlah personel yang menangani kebersihannya. Oleh karena itu, pengamatan secara subyektif dapat dituangkan menjadi obyektif dengan beberapa kriteria, sehingga range penilaian menjadi satu dan tetap fokus pada titik lokasi yang menjadi penilaian," ungkap Letkol Ririn.

Sebagai informasi: Peserta lomba kebersihan diikuti sebanyak 30 Satker di lingkungan Kodiklatal. 

Sedangkan untuk kegiatan penilaian lomba kebersihan telah dijadwalkan sejak tanggal 22 sampai dengan 26 Januari 2024.

Editor : Redaksi