PKB Target Menang 70 Persen di Pemilukada Jatim, Ini Kata Pengamat Politik

Ilustrasi/tangkapan layar
Ilustrasi/tangkapan layar

Surabaya,Tikta.id - Kendati proses tahapan Pemilu 2024 masih belum seluruhnya tuntas. Namun, persiapan partai politik menyongsong Pemilukada 2024 sudah mulai dilakukan salah satunya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur.

Di Jawa Timur, PKB menjadi partai pemenang dan berhasil meraih 27 kursi. Sehingga kursi Ketua Parlemen Jatim dipastikan menjadi jatah PKB

Baca Juga: Gerindra Surabaya, Buka Suara Soal Isu Koalisi Gerindra, PKB dan PSI di Pilkada Surabaya 2024

Tidak lama-lama bersuka cita, kader PKB Jatim saat ini diminta untuk bersiap-siap menyambut pilgub dan pilkada serentak. 

Target pun dipasang PKB Jatim menang 70 persen di seluruh perhelatan politik kabupaten/kota se Jatim. 

"Targetnya sapu bersih kemenangan. 70 persen kader gol,” kata Fauzan Fuadi, Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim.

Menyikapi hal itu, pengamat politik Unesa Moch Mubarok Muharam mengatakan, kemenangan pilkada dapat diraih melalui beberapa faktor.

Misalnya sebut Mubarok sosok atau figur yang dijagokan. Ia beranggapan, sosok figur yang diusung merupakan faktor utama kemenangan dalam setiap gelanggang politik digelar. 

Baca Juga: Soal Pemilukada 2024, Gerindra Surabaya: Belum Ada Pembicaraan, Masih Agustus 

Menurutnya, Image seorang calon menentukan ketertarikan pemilih untuk mencoblosnya di bilik suara. 

Oleh karenanya, partai harus memikirkan betul siapa nantinya yang akan diusung pada saat pilkada. "Pilkada tergantung dari figur yang diusung," katanya saat dikonfirmasi, Kamis (14/3). 

Setelah figur yang mumpuni, baru selanjunya harus teramini oleh kesiapan mesin politik. Bisa itu dari relawan sendiri atau pun parpol pengusung. 

Baca Juga: Pemilukada 2024, Golkar Surabaya Kepincut Usung Eri Cahyadi

"Mesin poliitik ini kan terdiri dari relawan dan parpol. Karena itu keberadaan parpol sangat berperan bagi kemenangan dalam pilkada," ujarnya. 

Untuk PKB sendiri, lanjutnya, saat ini sudah selangkah lebih maju dibandingkan parpol lain. Kemenangan PKB pada pileg 14 Februari 2024 lalu membuktikan bahwa mesin partai sangat siap untuk bertarung pada pilkada serentak 2024. 

"Dengan memenankn pemilu, ini berarti bahwa infrastruktur politik PKB telah menjalankan fungsinya secara baik," pungkasnya.

Editor : Redaksi

Peristiwa   

Polisi Redam ODGJ Mengamuk 

Pacitan,Tikta.id - Warga Desa Klesem, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, dikejutkan dengan amukan seorang Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)…