Ini Langkah DLH Surabaya Cegah Bau Sampah bagi Peziarah Makam Pahlawan Nasional WR Supratman 

Area makam pahlawan nasional WR Supratman
Area makam pahlawan nasional WR Supratman

Surabaya,Tikta.id - Lokasi tempat pembuangan sampah (TPS) Tambakrejo jaraknya hanya beberapa meter dari Makam Pahlawan Nasional Wr Supratman.

Dekatnya jarak TPS Tambakrejo dengan Makam Pahlawan Nasional Wr Supratman tersebut, dinilai kurang etis dan adakalnya peziarah mencium bau sampah saat nyekar ke makam tersebut.

Baca Juga: Komisi C Sebut Penertiban Parkir Liar oleh Pemkot Surabaya untuk Tingkatkan PAD

Namun, untuk memindahkan TPS Tambakrejo ke lokasi yang baru, menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya Dedik Irianto, perangkat daerah harus menyediakan tempat yang baru.

"TPS itu besar, kalau mau mindahin perangkat daerah yang di situ harus bisa menyiapkan tempatnya di mana?"tukas Dedik, saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Gegara Tumpukan Sampah Pedagang Bubur Ayam Alami Penurunan Omzet 

Dedik menyebut, untuk mencegah bau yang mengganggu bagi masyarakat atau peziarah, telah digunakan mesin press di sisi timur. Adapun sisi barat, sebut menggunakan tong bin dan compactor.

Sehingga sebut dia, dalam lima tahun terkahir, TPS Tambakrejo dianggap lebih rapi. 

Baca Juga: ITS Siapkan Komputer Tablet Khusus Pejabat Pemkot, AH Thony: Ingatkan Soal Kemanan Software

"Kalau kita bandingkan TPS Tambakrejo 5 tahun yang lalu geledekan di jalan kayak gitu, Sekarang kan sudah rapi, artinya sudah ada peningkatan dengan diganti mesin press, itu semakin rapi terus kemudian dengan menggunakan tong bin mesin compactor," klaim Dedik.

"Jadi ada dua macam penanganan di TPS Tambakrejo itu, sisi timur itu menggunakan mesin press yang sisi baratnya itu diangkut sama konpektor." tegasnya.

Editor : Redaksi