Kodiklatal Tempa 54 Perwira TNI AL Menjadi Susgakes Profesional 

Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier
Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier

Surabaya,Tikta.id - Sebanyak 54 Perwira Siswa (Pasis) lulusan Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier (Dikmapa PK) Khusus Tenaga Kesehatan (Susgakes) Angkatan 30 B mengikuti Pendidikan Dasar Golongan (Diksargolan).

Hal itu guna menempa diri menjadi Perwira TNI AL profesional. Kegiatan dibuka langsung oleh Komandan Kodikdukum (Dankodikdukum) Laksma TNI Taufik Arief di Lapangan Apel Pusdikkes Kodiklatal.

Baca Juga: Jalasena Panahan Kodiklatal Juara Umum Kasal Cup Archery Championship 2024

54 Perwira Siswa (Pasis) itu memiliki profesi sebagai Dokter Umum, Dokter Gigi, Apoteker, Farmasi, Radiografer, Perawat, Fisika Medis, dan Elektro Medis. 

Menurut Taufik, sebelumnya 54 Pasis ini telah menempuh Pendidikan Dasar Golongan Tahap Kematraan di Sekolah Fungsi (Sefung) Pusdiklapa Kodikopsla Kodiklatal, selama 1,5 bulan.

"Sebelum kalian melaksanakan tahap pendidikan tahap Diksargolan di Pusdikkes, kalian telah melaksanakan Lattek Pelayaran Gabungan Wira Jala Yudha (WJY) ke-20 dengan KRI dr. Soeharso-990 selama 7 hari, ini merupakan salah satu materi pendidikan yang digunakan sebagai sarana penerapan pengetahuan dan ketrampilan untuk memberikan gambaran tentang tugas profesi di kapal sesuai Korps, serta mengenalkan peran-peran di KRI," ungkap Dankodikdukum, Sabtu (10/2).

Baca Juga: Penutupan Archery Championship Kasal Cup 2024. Ini Para Jawaranya 

Lebih jauh, Laksma Taufik menyampaikan sesuai Korps para Pasis memberikan pelayanan kesehatan berupa Bantuan Hidup Dasar (BHD) penanganan korban luka bakar, patah tulang

Pun penanganan korban di UGD maupun ICU, serta memberikan dukungan kesehatan Evakuasi Medis Udara.

Baca Juga: Fun Archery Ajang Salurkan Bakat Memanah

 "Sebagai Perwira TNI AL kalian dituntut menguasai disiplin ilmu, yang mana nantinya, kalian bertugas sebagai seorang pelaksana yang tidak hanya menerima perintah atasan, tetapi bisa menjadi leader atau manager yang bisa mengatur anak buah dan melaksanakan kebijakan pimpinan" kata Laksma Taufik menutup amanatnya.

Hadir diantaranya para Komandan Pusdik dan para Kadep di jajaran Kodikdukum, para Kabag di lingkungan Pusdikkes, Komandan Sepakes serta Komandan Sesuskes Pusdikkes Kodikdukum Kodiklatal.

Editor : Redaksi