Tes Urin Polisi Amankan Sopir Bus Jurusan Blitar - Lampung 

Polres Magetan saat menunjukkan hasil tes urin
Polres Magetan saat menunjukkan hasil tes urin

Tulungagung,Tikta.id - Polres Tulungagung Polda Jatim bersama Instansi samping melakukan tes urine bagi awak bus dan rampchek untuk setiap angkutan umum.

Kapolres Tulungagung AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan, tes urin merupakan bagian dari Operasi Ketupat Semeru 2024. Hal ini untuk pencegahan, sosialisasi dan imbauan keselamatan setiap pemudik dan juga sopir angkutan umum.

Baca Juga: Jelang 1 Muharam Tiga Pilar Gelar Patroli Skala Besar

“Masih dalam rangka Operasi Ketupat Semeru 2024, kami berkomitmen mewujudkan mudik ceria dan berkesan maka secara berkala kami lakukan test urine bagi sopir dan rampcek untuk kendaraan angkutan umum,”ujar Arsya, Minggu (14/4).

Hasil dari test urine kali ini lanjut AKBP Arsya ditemukan satu orang sopir bus berinisial EA (31) warga Lampung Selatan dinyatakan positif mengkomsumsi psikotropika Amphetamine dan Methamphetamine.

“Jadi test kami lakukan dengan metode sampling 10 orang, dan hasilnya 9 orang negative dan seorang positif,” jelas Arsya 

Arsya menjelaskan, saat dilakukan pemeriksaan terhadap sopir Bus PO Puspa Jaya jurusan Blitar – Bandar Lampung tersebut, Polisi juga menemukan barang bukti Alat Hisap, Bong, Pipet dan korek api yang digunakan mengkonsumsi psikotropika tersebut.

“Dari pengakuannya, Sopir Bus inisial EA (31) ini menggunakan terkahir pada 3 hari lalu untuk doping dan ia mengaku biasa menggunakan sabu ini secara rutin,”jelas AKBP Arsya.

Baca Juga: Tes Urin Kuatkan Pengawasan Internal

Atas temuan tersebut, semua penumpang yang sudah membeli tiket menggunakan bus tersebut dipindahkan ke Bus lain sesama PO Puspa Jaya dengan sopir yang lain pula.

“Kami akan terus pantau dan pastikan para penumpang tiba ditujuan dengan selamat,”kata AKBP Arsya.

Selanjutnya pengemudi bus yang kedapatan mengkomsumsi Narkoba tersebut diserahkan ke Satresnarkoba Polres Tulungagung dan BNNK Tulungagung guna pemeriksaan lebih lanjut.

“Kita serahkan ke Satresnarkoba untuk pemeriksaan lebih lanjut,”terang AKBP Arsya.

Baca Juga: Dapat Nilai Terbaik II, Polres Tulungagung Raih Penghargaan dari Kementrian 

Kapolres Tulungagung ini juga menegaskan bahwa pengemudi dilarang menggunakan alkohol dan obat-obatan berbahaya karena beresiko akan keselamatan penumpang dan pengguna jalan lain.

“Kami senantiasa hadir di tengah masyarakat demi memastikan Arus Balik aman nyaman dan berkesan di Wilayah Hukum Polres Tulungagung,” pungkas AKBP Arsya.

Tes urin dilaksanakan oleh Polres Tulungagung Polda Jatim di Terminal Gayatri Tulungagung dengan melibatkan BNNK Tulungagung dan Dinas Perhubungan Tulungagung.

Editor : Redaksi