Perwira Siswa Diklapa Ikuti Seminar Keamananan Laut dan Logistik

Seminar Perwira Siswa Diklapa
Seminar Perwira Siswa Diklapa

Surabaya,Tikta.id - Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Lanjutan Perwira (Diklapa) TNI AL Angkatan XXXIII TA 2024 menggelar Seminar tentang Keamanan Laut (Kamla) dan Logistik dengan tema, "Peran Polisionil TNI Angkatan Laut Dalam Rangka Penegakan Hukum Di Laut Sulawesi".

Seminar dibuka oleh Komandan Kodikopsla Kodiklatal Laksma TNI Muhammad Iwan Kusumah di gedung Betlegues Pusdiklapa Kodikopsla Kodiklatal Bumimoro Surabaya. Rabu (17/4).

Baca Juga: Jalasena Panahan Kodiklatal Juara Umum Kasal Cup Archery Championship 2024

Seminar yang merupakan implementasi dari pelaksanaan latihan dan praktek atau Lattek tersebut, diikuti 44 Pasis Diklapa dan merupakan rangkaian kegiatan akhir pelaksanaan Pendidikan Tahap I sebelum Pasis mereka melaksanakan Lattek Oyu Opskamla. 

Seminar Kamla dan Logistik akan berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 17 sampai dengan 19 April 2024.

"Tujuan kegiatan Lattek Seminar ini adalah untuk melatih para Perwira Siswa dalam merumuskan pokok-pokok masalah, pemecahan masalah, menyatukan persepsi yang berkaitan dengan tema tersebut agar dapat mengambil keputusan berdasarkan hasil pembahasan yang telah disepakati bersama", kata Dankodikopsla dalam amanatnya.

Sehingga dengan diselenggarakannya kegiatan Seminar ini, diharapkan Perwira Siswa memperoleh pengalaman dan pengetahuan tentang bagaimana menyelenggarakan Seminar, melatih menyatakan pendapat yang didasari oleh pemikiran yang logis dengan argumentasi yang kuat.

Baca Juga: Penutupan Archery Championship Kasal Cup 2024. Ini Para Jawaranya 

Serta bertanggungjawab melatih kerjasama dengan menjauhkan sikap dan sifat ingin menang sendiri serta melatih cara-cara pengambilan keputusan bersama yang tepat dengan dilandasi pemikiran yang terpadu. 

"Serta menghasilkan suatu konsep yang dapat disumbangkan kepada TNI AL", terang Laksma Muhammad Iwan Kusumah.

Dalam seminar tersebut para Pasis dibekali materi oleh beberapa narasumber antara lain di sesi pertama oleh Asops Pangkoarmada II yang diwakili Paban Taktik Koarmada II Letkol Laut (P) Garmadi dan Asintel Koarmada II di wakili Paban Ren Sintel Koarmada II Letkol Laut (P) Akbar Abdullah.

Baca Juga: Fun Archery Ajang Salurkan Bakat Memanah

Sedangkan, untuk Seminar sesi 2 dengan narasumber Aslog Koarmada II Kolonel Laut (T) Kristanto Pratomo dan Kadiskum Koarmada II Kolonel Laut (H) Yopy Roberty Ririe.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wadan Kodikopsla, Komandan Pusdiklapa, Aslog Koarmada II dan Asops Koarmada II serta para Perwira Tenaga Pendidik (Gadik) Kodiklatal.

Editor : Redaksi