Dankodikdukum Ulas Program Derap Prajurit 

SURABAYA,Tikta.id - Dalam rangka menggaungkan Hari Pendidikan TNI Angkatan Laut (Hardikal) Ke-78 Tahun 2024 yang diperingati setiap tanggal 12 Mei, Komandan Kodikdukum (Dankodikdukum) Kodiklatal Laksma TNI Taufik Arief melaksanakan on air dalam Program Derap Prajurit, dengan Penyiar Arif Pribadi, bertempat di di Studio Pro 1 RRI Surabaya Jl. Pemuda 82-90 Surabaya. Rabu (8/5).

Diawal kedatangannya, Pati TNI AL berbintang satu ini disambut oleh Plh. Kepala RRI Surabaya,, Bapak Andrean Sucahyo, Ketua Tim Bidang Siaran RRI Surabaya, Ibu Kusumo Winahyu dan Penyiar Pro 1 RRI Surabaya Bapak Arif Pribadi.

Baca Juga: Jalasena Panahan Kodiklatal Juara Umum Kasal Cup Archery Championship 2024

Dalam Program Derap Prajurit kali ini, Laksma TNI Dr. Taufik Arief sebagai narasumber membahas tentang rangkaian acara Peringatan Hardikal Ke-78 Tahun 2024 dan mengulas tentang keberadaan Kodiklatal sebagai Lemdik TNI AL yang memliki tugas pokok dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) Matra Laut yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif (PRIMA).

Dalam segmen dialog interaktif dan tanya jawab dengan pendengar, Dankodikdukum menjelaskan tentang bagaimana transformasi Prajurit TNI AL, yang pada dasarnya sama yaitu melalui pendidikan dasar militer dilanjutkan dengan pendidikan kejuruan di Satuan Pendidikan Kodiklatal.

Baca Juga: Penutupan Archery Championship Kasal Cup 2024. Ini Para Jawaranya 

Selain itu, menurut Laksma Taufik bahwa evaluasi senantiasa dilakukan Kodiklatal dalam hasil didik yang diberikan dari berbagai macam aspek (10 komponen pendidikan), sehingga out put sesuai yang diharapkan dan out come sesuai yabg ditargetkan sudah bisa tercapai.

Untuk itu, sinergitas dengan tenaga pendidik baik dari militer maupun sipil senantiasa dipupuk dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan jaman, sehingga bisa mendapatkan hasil didik yang diharapkan.

Sementara itu, menyambut Hardikal Ke-78 Tahun 2024, Dankodikdukum mengatakan kegiatan ini menjadi momentum yang bagus tentunya, TNI AL dapat bersinergi dengan seluruh pihak stakeholder terkait yang telah terjalin dengan baik, sehingga kedepan TNI AL lebih hebat lagi, bisa memberikan konstribusi yang nyata kepada masyarakat, bangsa dan negara serta banyak lahir para Prajurit Jalasena yang profesional dan handal.

Baca Juga: Fun Archery Ajang Salurkan Bakat Memanah

Program Derap Prajurit yang diselenggarakan oleh Komando Garnisun Tetap (Kogartap) III Surabaya bekerjasama dengan RRI Surabaya ini berlangsung secara live setiap hari Rabu dan disiarkan melalui saluran 99.2 FM pada pukul 12.00 - 13.00 WIB.

Selain itu, Program Derap Prajurit merupakan program khusus yang ditunjukkan oleh RRI Surabaya untuk memfasilitasi tiga Matra TNI dalam memperkenalkan satuannya atau program-program khusus yang sedang diselenggarakan.

Editor : Redaksi