Puluhan Wartawan Jatim dan Banten Ikuti Pelatihan Pra UKW via Zoom Meeting 

Pelatihan Pra UKW via Zoom
Pelatihan Pra UKW via Zoom

TIKTA.id, Surabaya - Puluhan wartawan Jawa Timur dan Banten mengikuti pelatihan pra uji kompetensi wartawan (UKW) yang digelar oleh Dewan Pers berkolaborasi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). 

Pelatihan Pra UKW digelar melalui via Zoom Meeting, pada Sabtu (25/5). 

Baca Juga: PWI Provinsi Riau Ditetapkan Tuan Rumah Hari Pers Nasional 2025

Pelatihan Pra UKW untuk meningkatkan keterampilan dalam bidang jurnalistik dan memberikan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip etika dalam pekerjaan jurnalistik dll

Selama pelatihan Pra UKW, peserta mendapatkan sesi tiga materi tentang dasar-dasar jurnalistik, teknik penulisan berita, etika jurnalistik, serta penerapan teknologi dalam jurnalisme. 

Pemateri pertama Suprapto menjabarkan, pentingnya seorang wartawan yang profesional dan beretika dalam menjalankan kode etik wartawan dan UU Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers, serta peraturan Dewan Pers.

"Pelatihan ini tidak hanya tentang bagaimana menulis berita, tetapi juga tentang bagaimana menjalankan tugas jurnalistik dengan integritas, kejujuran, dan rasa tanggung jawab yang tinggi," ujarnya.

Baca Juga: Polri dan Wartawan Sebar Kebaikan di Bulan Ramadan

Kemudian Pemateri sesi kedua, Firdaus Komar Direktur LUKW PWI Pusat, memaparkan ada beberapa lembaga yang dapat melaksanakan Standart kompetisi wartawan.

"Seperti PWI, AJI, Dewan Pers lah yang umumnya diakui secara luas di Indonesia." jelasnya.

Sementara pesera pra UKW Joko Prianto dari lintasnetworkingmedia.com mengaku senang mengikuti pelatihan ini. 

Baca Juga: Unitomo Dukung Dewan Pers Tingkatkan Kompetensi Wartawan

Dia membeberkan, melalui pelatihan pra UKW ini, dapat menambah wawasan dan keterampilan dalam dunia jurnalistik.

"Saya berharap dapat memperoleh pengetahuan baru dan mengasah kemampuan menulis berita agar dapat berkontribusi dalam memberikan informasi yang berkualitas kepada masyarakat," ungkapnya

Editor : Redaksi