472 Mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana Mengikuti Pelatihan Bela Negara

Pelatihan bela negara
Pelatihan bela negara

Surabaya,Tikta.id - Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara di Puslatdiksarmil Kodiklatal, di Lapangan Samudera Puslatdiksarmil, Juanda Sidoarjo, mulai 3 sampai 4 Februari 2024.

Pelatihan Bela Negara diikuti 472 mahasiswa, terdiri 126 pria dan 346 wanita.

Kegiatan pembentukan karakter tersebut merupakan kerjasama antara Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dengan TNI AL. 

Sebab, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dipercaya sebagai penyelenggara sertifikasi guru melalui skema Pendidikan Profesi Guru.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Rektor Universitas PGRI Adi Buana Hartono, serta Komandan Upacara (Danup) Mayor Marinir Haris Tri Purnama yang menjabat sebagai Komandan Sekolah Tamtama (Danseta) Puslatdiksarmil.

Rektor Universitas PGRI Adi Buana, dalam amanatnya menyampaikan, guru merupakan pendidik profesional yang tugas utamanya mendidik, mengajar, melatih, menilai serta kegiatan lain.

Hal itu, dalam upaya mewujudkan amanat undang-undang Depdiknas nomor 20 tahun 2003 pasal 3, untuk mewujudkan pendidikan nasional mengenai berkembangnya potensi peserta didik. 

Sehingga kata Rektor, menjadi insan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, mandiri dan mampu menjadi warga masyarakat yang demokratis dan bertanggung jawab.

"Untuk mewujudkan tujuan dan amanat undang-undang tersebut tentu bukan suatu pekerjaan yang ringan, tapi ini adalah suatu pekerjaan yang penuh tantangan, oleh karena itu dalam rangka memantapkan pembentukan kompetensi guru khusunya kompetensi kepribadian. Kami pimpinan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya mengambil keputusan untuk menggalang kerjasama dengan Puslatdiksarmil, karena disini tersedia nilai-nilai dalam rangka pembentukan karakter sebagai guru profesional yang siap melaksanakan tugas untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional sebagaimana yang telah diamanatkan pada pasal 3 undang-undang Sistem pendidikan nasional (Sisdiknas) undang-undang nomor 20 tahun 2003," ungkap Hartono.

Oleh karena itu, agar mempunyai integritas yang tinggi dalam melaksanakan tugas Guru profesional, maka perlu berlatih di Puslatdiksarmil membentukan kepribadian yang menunjang tugas Guru. 

Menurutnya, Hal ini sejalan dengan visi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, menjadikan sebagai universitas yang unggul berkarakter PAGI.

PAGI itu beber Rektor adalah Peduli, Amanah, Gigih dan Inovatif. Anda harus Peduli kepada Bangsa dan Negara, Anda harus Peduli kepada Masyarakat.

"Bagaimana caranya, caranya adalah mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional. supaya masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang maju, masyarakat yang Kreatif dan Inovatif, masyarakat yang mempunyai nilai tambah dalam percaturan dunia masyarakat global." bebernya.

"Oleh karena itu Saya kira peran Saudara sangat luar biasa untuk mewujudkan visi Indonesia maju tahun 2045 mendatang."tandasnya.

Turut hadir Komandan Puslatdiksarmil Kolonel Laut (P) Irwan S.P Siagian, Pejabat Puslatdiksarmil, Wakil Rektor Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Dir Sekolah Pasca Sarjana, Kepala Pendidikan Profesi Guru, Ketua Pelaksana PPG Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Editor : Redaksi