Asah Kreativitas Warga Dengan Melukis Tong Sampah

Reporter : Ragil S
kreativitas warga melukis tong sampah

Tikta.id - Sampah selalu identik dengan sesuatu yang bau dan menjijikan. Begitu juga jika mendengar kata tong sampah, pasti akan terbayang dengan hal-hal yang kotor dan jorok, Akan tetapi dengan sentuhan kreativitas dari warga masyarakat dari berbagai tempat di kabupaten Pemalang, tong sampah ternyata bisa menjadi sesuatu yang bernilai Artistik.

Hal tersebut terlihat dalam Lomba Lukis Tong Sampah yang digelar di Lapangan Alun -alun, Pemalang dalam rangka hari jadi PKK dan Dewan kerajinan nasional Indonesia (Dekranasda) pada Jum,at (12/7).

Baca juga: Dindikbud Kabupaten Pemalang Observasi Terhadap Kinerja Kepala Sekolah

Terlihat puluhan peserta lomba asyik memainkan kuas dengan cat warna warni, hingga membuat goresan nan indah pada tong sampah.

Selain untuk mengasah kreativitas Warga di bidang seni, lomba melukis tong sampah ini juga diharapkan mampu mengingatkan seluruh lapisan masyarakat akan keberadaan tong sampah sebagai tempat untuk membuang sampah. Dengan demikian secara tidak langsung akan mendidik mereka untuk peduli terhadap persoalan sampah.

Ketua Penggerak PKK Kabupaten Pemalang Santi Rosalia mengatakan, Jika Keberadaan tong sampah yang menarik dengan lukisan warna-warni diharapkan mampu merubah kesan jorok pada tong sampah. Harapannya melalui kegiatan ini akan meningkatkan kesadaran anggota masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Baca juga: SMPN 6 Pemalang Mulai Terapkan Progam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

"Setiap orang pasti setiap hari menghasilkan sampah, yang mana jika pembuangan sampah dikelola dengan baik, berawal dari individu masing-masing, diharapkan akan tercipta lingkungan yang Bersih dan Sehat," tuturnya.

Terpisah, Seorang peserta lomba mewarnai tong sampah bernama Riska ( 25 ) mengatakan,jika kegiatan mewarnai tong sampah tidak hanya berbicara masalah seni lukis, akan tetapi lebih luas terutama kesan dari tema lomba lukis itu sendiri.

"Ada pesan menjaga lingkungan dari torehan kanvas di tong sampah sebagai media kanvasnya," Jelasnya.

Baca juga: Lokakarya Ke-6 Program Guru Penggerak, Kadindikbud: Tingkatkan Kualitas dan Pengembangan Sekolah

Lomba melukis tong sampah diikuti oleh 56 peserta dari berbagai daerah, dengan tema Memilah sampah Non Organinik dan Anorganik.

Para peserta akan dinilai dengan berbagai kriteria, diantaranya : Kesesuaian Tema, kreativitas dan komposisi. 

Editor : Redaksi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru