Tegaskan Netralitas Polri, Kapolres Tuban Sebut Tiga Indikator Keberhasilan Penyelenggaraan Pilkada

Reporter : Anil Rachman
Kapolres Tuban saat sosialisasi peraturan dan non peraturan pilkada serentak 2024

TUBAN - Kapolres Tuban AKBP Oskar Syamsuddin menegaskan, Netralitas anggota Polres Tuban pada Pilkada Serentak 2024, agar penyelenggaraanya berhasil.

Ia mengatakan, keberhasilan penyelenggaraan pilkada dapat dilihat dari tiga indikator, petaman pilkada berjalan sesuai dengan ketentuan, kedua terkait dengan partisipasi pemilih, ketiga tidak terjadi konflik dan pelaksanaan Pilkada berlangsung lancar.

Baca juga: Pastikan Kesiapan Pilkada 2024 Aman, Polres Pamekasan Kontrol Kantor KPU dan Bawaslu

Menurutnya untuk mewujudkan tiga indikator itu salah satunya dengan menjaga Netralitas dari ASN, TNI dan Polri. "Karena Netralitas ASN TNI dan Polri bisa dijadikan isu untuk memecah belah" ucap AKBP Oskar, beberapa waktu lalu.

Maka dari itu, Oskar mengajak seluruh elemen masyarakat berkomitmen mewujudkan pelaksanaan Pilkada di kabupaten Tuban berjalan aman lancar tanpa isu tentang netralitas

"Mari sama-sama kita jawab isu-isu ketidaknetralan ASN, TNI dan Polri, sehingga masyarakat tidak ada keraguan" ungkapnya.

AKBP Oskar juga menerangkan dari Pimpinan Polri sendiri telah memberikan instruksi serta petunjuk dan arahan kepada seluruh anggota Kepolisian agar bersikap Netral.

Baca juga: Anggota Muslimat NU Diduga Lakukan Kampanye di Tempat Ibadah, Bawaslu: Potensi Pidana Pemilihan

Selain itu juga akan memberikan tindakan tegas bagi anggota Polri yang terbukti tidak netral dalam pelaksanaan Pilkada.

"Tidak ada toleransi bagi anggota Polri yang tidak Netral" terangnya.

AKBP Oskar berharap segala upaya kegiatan preventif rangkaian pilkada yang telah dilaksanakan diantaranya deklarasi damai bisa dijadikan sebagai modal untuk mewujudkan pilkada yang damai.

Baca juga: Mediasi Berlangsung Alot, MAKI Jatim Desak Debat Pilwali Surabaya Tak Dilanjutkan

Dalam kesempatan itu, Kapolres Tuban juga menyatakan kesiapan untuk memberikan pengamanan kepada penyelenggara Pilkada baik dari Bawaslu maupun KPU.

"Kalau memang dibutuhkan kita siap untuk memberikan pengamanan khusus" tutur AKBP Oskar.

 

Editor : Redaksi

Politik
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru