Dankodiklatal Ikuti Rapim TNI-POLRI, Ini Arahan Presiden Joko Widodo 

Rapim TNI-Polri
Rapim TNI-Polri

Jakarta,Tikta.id - Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah bersama Petinggi TNI – POLRI Se-Indonesia menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-POLRI Tahun 2024.

Rapim TNI-POLRI dibuka langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di GOR Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur. Rabu (28/2).

Baca Juga: Laksda TNl Sisyani Jaffar Sambut Kunker Presiden Joko Widodo

Rapim TNI-Polri mengusung tema, “TNI-POLRI Siap Mewujudkan Pertahanan Keamanan Untuk Indonesia Maju".

Presiden Jokowi didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Probowo, Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, dan Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo Agus Supriatna.

Presiden RI dalam arahannya menyampaikan, TNI-POLRI harus berani masuk ke hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, pesawat tempur perlu iya, tank perlu iya, tapi hati-hati dengan drone. Oleh sebab itu waspadai perang non konvensional atau yang dikendalikan dari jarak jauh.

“Penguasaan Ilmu Pengetahuan Teknologi (IPTEK) jelas akan semakin dibutuhkan, TNI-POLRI harus menjadi pembelajar yang aktif, pembelajar yang adaptif, TNI-POLRI juga harus mampu melaksanakan deteksi dini, mengambil langkah antisipasi, memperkuat profesionalisme dan pelayanan terhadap masyarakat. Selain itu, memperkuat nilai-nilai TNI PRIMA, POLRI yang PRESISI, serta kemanunggalan dengan Rakyat,” ungkap Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Kodiklatal Peringati Tahun Baru Islam 1446 H

Lebih lanjut Presiden RI berpesan bahwa, sinergi TNI-POLRI sangat mutlak diperlukan sinergi horizontal antar satuan, sinergi vertikal dari atas ke bawah, hilangkan ego sektoral, hilangkan sekat dan pandangan-pandangan sempit, semuanya harus untuk Bangsa dan Negara. 

TNI-POLRI tambahnya, harus menjadi bagian penting untuk menyongsong Indonesia Emas 2045, karena kita berpeluang besar menjadi negara maju, serta keluar dari Middle Income Trap.

Pada kesempatan ini, Presiden RI Joko Widodo memberikan Kenaikan Pangkat Secara Istimewa kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia Prabowo Subianto sesuai Keppres Nomor 13/TNI/Tahun 2024 Tanggal 21 Februari 2024 tentang Penganugerahan Pangkat Secara Istimewa berupa Jenderal TNI Kehormatan.

Baca Juga: Ratusan Prajurit Bintara Jalasena Siap Jalani Pendidikan Strata Perwira TNI AL

Pada Rapim itu juga, Menhan Prabowo Subianto menyerahkan BAST Alpalhankam dan menyerahkan kunci kendaraan Listrik kepada Panglima TNI, Kapolri dan para Kepala Staf Angkatan, disaksikan oleh Presiden RI. 

Usai membuka Rapim TNI-POLRI 2024, Presiden RI meninjau Alutsista TNI-Polri yang telah digelar di Lapangan Depan GOR Ahmad Yani Mabes TNI, Cilangkap Jakarta.

Editor : Redaksi