Di Tanah Melayu, Wadan Kodiklatal Resmi Buka Pendidikan Dikmata TNI AL Angkatan 44

Pendidikan Pertama Tamtama TNI AL Angkatan 44 T.A 2024 Satdik-1 Kodiklatal
Pendidikan Pertama Tamtama TNI AL Angkatan 44 T.A 2024 Satdik-1 Kodiklatal

Surabaya,Tikta.id Wakil Komandan (Wadan) Kodiklatal Laksda TNI Eko Wahjono mewakili Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah membuka secara resmi Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan 44 T.A 2024 Satdik-1 Kodiklatal.

Dikmata TNI AL Angkatan 44 T.A 2024 Satdik-1 Kodiklatal digelar di Lapangan Apel Mako Satdik-1 Kodiklatal, Jl. Diponegoro 43 Tanjung Uban, Kepulauan Riau. Kamis (7/3).

Baca Juga: Kodiklatal Gelar Halal Bihalal

Dalam amanat Dankodiklatal yang dibacakan Wadan Kodiklatal menyampaikan, Pendidikan Pertama Tamtama TNI AL bertujuan untuk mendidik dan membekali Calon Tamtama TNI AL yang berjiwa pejuang Sapta Marga. 

Pun memiliki kesamaptaan jasmani sesuai dengan binjas TNI, yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan matra laut.

"Sehingga diharapkan mampu melaksanakan tugas sebagai Tantama TNI AL yang profesional, modern dan tangguh." ujarnya.

Baca Juga: Siswa Satdik - 1 Kodiklatal Latihan Kemampuan March

Lebih lanjut, pendidikan ini akan dilaksanakan selama enam bulan yang terbagi dalam tiga tahap, pendidikan dasar keprajuritan tiga bulan, pendidikan dasar golongan satu bulan dan pendidikan dasar golongan lanjutan selama dua bulan.

"Pada tahap dasar keprajuritan akan dibina fisik dan mental secara intensif serta sistematis, dengan tidak memandang waktu baik siang maupun malam, hal yang di maksud untuk menyiapkan saudara yang semula berasal dari masyarakat sipil menjadi seorang prajurit matra laut yang tanggap,tanggon dan trengginas", ujarnya.

Selain itu, Dankodiklatal berharap dalam rangka mewujudkan kedaulatan negara di laut, TNI Angkatan Laut perlu memusatkan perhatian dan konsentrasi di pulau-pulau terdepan dan wilayah perbatasan guna mencegah segala bentuk ancaman.

Baca Juga: Dankodiklatal Salat Idul Fitri Bersama Keluarga Besar Brigif 2 Marinir

TNI Angkatan Laut tambahnya harus proaktif dengan membangun kekuatan tempur secara optimal untuk mencapai kesiapan operasional yang tinggi kapan pun negara memanggil. 

Tampak hadir, Gurbenur Kepri diwakili KBPPD Bapak Doli Boniara, Kapok Sahli Kogabwilhan I Laksma TNI Friche Flack, Dirdik Kodiklatal Laksma TNI Askari serta Pejabat TNI-Polri dan Pemerintah Daerah setempat.

Editor : Redaksi