Resmikan Dojo Karate dan Kenaikan Sabuk Karate Siswa Dikmata 

Peresmian Dojo Karete Satdik-1 Kodiklatal
Peresmian Dojo Karete Satdik-1 Kodiklatal

Tikta.id - Komandan Satuan Pendidikan (Dansatdik) - 1 Kolonel Laut (P) I Gede Merta Yasa meresmikan Dojo Karate Satdik – 1 ujian kenaikan Sabuk Karate dari sabuk putih ke sabuk kuning para Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Satuan Pendidikan (Satdik) - 1 Angkatan 44 TA. 2024.

Peresmian dilakukan di lapangan Laut Arafuru Satdik 1, Jl. Diponegoro No.43, Tanjung Uban, Bintan Utara, Kepulauan Riau. 

Baca Juga: Ratusan Prajurit Bintara Jalasena Siap Jalani Pendidikan Strata Perwira TNI AL

Sebanyak 102 Siswa dinyatakan lolos dan resmi menyandang Sabuk dari putih menjadi Sabuk kuning, uji dilaksanakan dibawah kendali Tim Pelatih INKAI Tanjung Pinang yang terdiri dari 3 Penguji dan 4 Asisten yang didatangkan dari Tanjung Pinang.

Dansatdik - 1 menjelaskan, kemampuan beladiri merupakan upaya dalam pembentukan fisik yang prima dan tangguh, maka beladiri menjadi hal yang wajib dikuasai oleh setiap Prajurit guna menunjang dan mendukung kegiatan di kedinasan. Sejalan dengan hal tersebut 

Dansatdik - 1 mewajibkan Siswa Satdik - 1 menguasai keterampilan beladiri Karate yang sejak awal Program Pendidikan Satdik - 1 dilaksanakan Pembimbingan dan Pengasuhan (Bimsuh) beladiri Karate secara rutin dan terprogram. 

Ujian Kenaikan ini bertujuan sebagai bentuk menguji kemahiran para Siswa yang telah dilatih selama menempa Pendidikan di Satdik - 1.

Baca Juga: Dansatdik 1 Kodiklatal, Terima Kunjungan Kerja Dankodiklatal

"Kemampuan Beladiri merupakan hal yang wajib dikuasai seorang Prajurit yang dapat membentuk pribadi dengan fisik yang prima serta tangguh, hal ini dapat menjadi bekal dalam menjalankan tugas kedinasan." katanya Rabu (26/6)

"Dengan Kenaikan Sabuk Siswa hari ini menjadi momentum awal para Siswa mengasah kemampuan bela diri lebih dari tingkat sebelumnya yang dapat dilaksanakan selama mengemban Pendidikan di Satdik - 1 dan diharapkan berlanjut hingga di Kedinasan." tambahnya.

Selain itu, Dansatdik - 1 berharap Pembentukan Dojo Satdik - 1 menjadi awal bagi pengembangan bela diri Karate di Satdik - 1 dikemudian hari dapat menumbuhkan dan menciptakan prestasi-prestasi di Bidang beladiri Karate dari Siswa maupun lulusan Satdik – 1.

Baca Juga: Cetak Prajurit Berkarakter dan Profesional Melalui Transformasi Pola Pendidikan

"Serta harapan lainnya Siswa dapat terus menekuni dan melanjutkan keterampilan bela diri karate setelah berdinas di stauan kerja masing-masing." tutupnya.

Peresmian Dojo Satdik - 1 oleh Dansatdik - 1 yang diwakili oleh Wadan Satdik - 1 didampingi ketua INKAI Tanjung Pinang yang diwakili oleh Ketua Majelsi Sabuk Hitam (MSH) Kepulauan Riau Sensei Agust Siagian serta dihadiri oleh PJU dan Personel Satdik - 1.

Editor : Redaksi