Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah Buka Dikmata TNI AL di Tepi Laut

Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan 44 Gelombang 1 TA 2024
Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan 44 Gelombang 1 TA 2024

TIKTA.id, Surabaya - Pertama Kalinya, Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah selaku Inspektur Upacara (Irup) resmi membuka Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan 44 Gelombang 1 TA 2024.

Dikmata TNI AL Angkatan 44 Gelombang 1 berlangsung di Dermaga Semampir Baru, Koarmada II, Ujung Surabaya. Senin, (03/6).

Baca Juga: Jalasena Panahan Kodiklatal Juara Umum Kasal Cup Archery Championship 2024

Upacara yang dipimpin oleh Komandan Upacara (Danup) Mayor Mar Haris Tri Purnama, yang sehari-hari menjabat Komandan Sekolah Tamtama (Danseta) Puslatdiksarmil ini, ditandai dengan pernyataan pembukaan pendidikan dan penyematan tanda siswa oleh Dankodiklatal. 

Tercatat sebanyak 434 putra - putra terbaik bangsa berhasil lolos seleksi dan siap menjalani Pendidikan tamtama TNI AL Angkatan 44 Gelombang 1 di Puslatdiksarmil Kodiklatal.

Dankodiklatal dalam amanatnya mengucapkan selamat atas keberhasilan para siswa melewati tahapan-tahapan seleksi penerimaan calon Siswa Dikmata yang sangat menguras tenaga dan pikiran. 

Menurutnya, keberhasilan ini tentunya bukan sesuatu yang kebetulan. Namun, para Siswa telah menyiapkan semua materi yang dipersyaratkan dalam seleksi tersebut dengan sebaik-baiknya, kesehatan fisik dan mental yang prima.

Serta kesamaptaan jasmani yang didukung dengan pengetahuan akademik yang baik agar cita-cita menjadi prajurit TNI Angkatan Laut tercapai.

“Atas dasar proses seleksi yang sangat ketat dan kompetisi yang tinggi karena diikuti oleh ribuan calon Siswa, tentunya menjadi sebuah kebanggaan bagi saudara yang lulus seleksi. Oleh karena itu, kesempatan yang sudah didapatkan janganlah disia-siakan, peluang ini harus menjadi dorongan semangat selama mengikuti pendidikan di Kodiklatal,” tegas Pati berbintang tiga tersebut.

Baca Juga: Raperda RT/RW, Foto Udara Tepi Laut Pemkot Surabaya dan Pemprov Jatim Berbeda 

Setelah upacara pembukaan ini, para Siswa melaksanakan tradisi mandi laut di Dermaga Semampir. kemudian, pengenalan alutsista yang dimiliki Koarmada II berupa Kapal Perang dan Kapal Selam Republik Indonesia. 

Kemudian, menuju Resimen Kavaleri Semarung untuk menerima pengenalan terhadap alutsista kendaraan tempur Korps Marinir oleh Komandan Resimen Kavaleri 2 Marinir.

Letjen Marinir Nur Alamsyah mengatakan, kegiatan orientasi di lingkungan Koarmada II dan Resimen Kavaleri 2 Marinir merupakan bagian pengenalan Satuan TNI AL di Surabaya.

Sedangkan orientasi di Kawah Candradimuka Puslatdiksarmil, para Siswa dikenalkan dengan pola pendidikan, serta sarana dan prasarana pendidikan.

Baca Juga: Penutupan Archery Championship Kasal Cup 2024. Ini Para Jawaranya 

"Sehingga para Siswa nantinya dapat segera memahami, menyesuaikan dan beradaptasi terhadap lingkungan pendidikan militer yang penuh dengan keteraturan dan kedisiplinan." ujarnya.

Upacara pembukaan juga turut dihadiri oleh Wadan Kodiklatal Laksda TNI Eko Wahjono, para Direktur, dan para Dankodik jajaran Kodiklatal, serta Kaskoarmada II Laksma TNI Isswarto, Ka RSPAL dr.Ramelan Surabaya Laksma TNI dr. Sujoko Purnomo.

Danlantamal V Brigjen TNI Marinir Joni Sulistiawan, Danpuskopaska Laksma TNI Baroyo Eko Basuki, Dankoopkasel Laksma TNI Indra Agus Wijaya, dan undangan lainnya.

Editor : Redaksi