Harganas ke-31, BKKBN Jatim Launching Population Clock 

Launching population clock
Launching population clock

Tikta.id - Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur merayakan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke -31 sekaligus meresmikan peluncuran Population Clock oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jatim, Maria Ernawati, di Jatim Expo , Rabu (10/7).

Kepala BKKBN Nasional, Dokter Hasto Wardoyo mengatakan, population clock yang baru dilaunching dapat diketahui berapa jumlah penduduk Provinsi Jatim.

Baca Juga: Pertiwi Kajati Cup 2024, Angin Segar Bagi Pesepak Bola Wanita

"Saya kaget tadi pas proses peluncuran Population Clock, karena baru tingkat nasional yang sudah menggunakan population clock. Jatim ini merupakan provinsi pertama di Indonesia yang sudah menerapkan population clock," ungkapnya.

Ia menyebut penduduk di Provinsi Jatim sebanyak 41.820 873 jiwa dengan jumlah kelahiran sebanyak 602 283 jiwa dan jumlah kematian sebanyak 313 670 jiwa.

Baca Juga: Coklit di Jatim Hari Kesepuluh Tembus 16 Juta Pemilih

"Population clock ini update datanya tiap detik. Jadi Provinsi Jawa Timur ini sangat luar biasa dan population clock ini memang sangat dibutuhkan," katanya.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jatim Maria Ernawati menjelaskan, Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke-31 merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam merevitalisasi peran keluarga dalam mengatasi persoalan-persoalan yang menghambat pencapaian cita-cita pembangunan. 

Baca Juga: Surabaya dan Jawa Timur Serius Kembangkan Olahraga Es Skating

Ia menyebut, penyelenggaraan HARGANAS tingkat Provinsi Jawa Timur dilatarbelakangi oleh peringatan harganas yang telah dilaksanakan di Kota Semarang Tanggal 29 Juni 2024 yang lalu. 

"Konsep peringatan harganas Tingkat provinsi Jawa Timur kali ini adalah temu kader dan tenaga lini lapangan sebagai wadah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya sosok keluarga bagi pembangunan bangsa dan negara," jelasnya.

Editor : Redaksi