Kembangkan Wirausaha Santri Mandiri, Cak Ghoni Sumbang Ponpes Aitam Enam Ekor Kambing Etawa

Silaturahmi KH Nur Qomari bersama Cak Ghoni
Silaturahmi KH Nur Qomari bersama Cak Ghoni

SURABAYA,Tikta.id - Pengasuh Pondok Pesantren Aitam dan Dhuafa' Karomah Kecamatan Tenggilis KH Nur Qomari silaturahmi dengan caleg incumbent PDI Perjuangan dapil Surabaya 3 Abdul Ghoni Muklash Ni'am untuk memperkuat nilai-nilai Islam yang Rahmatan Lil Alamin.

Sebagaimana diketahui, Abdul Ghoni atau yang akrab dipanggil Cak Ghoni merupakan ketua sayap partai PDI Perjuangan Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Surabaya.

Baca Juga: Komisi C Dukung Pembangunan Tanggul di Wilayah Pakal

Dia juga aktif di badan otonom (banom) Nahdhatul Ulama (NU) dan juga mengenyam pendidikan di pondok pesantren sebelum menempuh Strata 1 di Universitas Islam Sunan Ampel Surabaya (UINSA).

Silaturahmi berlangsung di kediaman Cak Ghoni kawasan Tambak Deres, pada Minggu (21/1).

Pada silaturahmi tersebut Cak Ghoni membantu Pondok Pesantren Aitam dan Dhuafa' Karomah enam ekor kambing etawa.

Nur Qomari mengucapkan terima kasih atas bantuan enam ekor kambing etawa yang diberikan oleh Cak Ghoni.

Menurutnya dengan bantuan tersebut pihaknya bisa mengembangkan usaha baru peternakan kambing yang bisa bermanfaat bagi lembaga nya sebagai bagian dari pendidikan wirausaha santri.

"Saya pertama mengucapkan terima kasih atas sumbangan kambing yang kami terima. Semoga dengan usaha baru yaitu tentang peternakan kambing ini juga bisa bermanfaat untuk lembaga pondok pesantren.

Baca Juga: Cak Ghoni Bersama Warga Kenjeran Gunakan Hak Pilihnya di TPS 001

Ia menekankan, dalam berwirausaha santri harus memiliki skill atau kemampuan sehingga bisa mandiri secara ekonomi.

Maka dia berharap, dengan usaha ternak kambing ini nantinya bisa menjadi percontohan untuk membangun ekonomi kerakyatan.

"Para santri ini adalah generasi bangsa. Jadi perlu kita siapkan juga bagaimana mereka memiliki skill di bidang usaha."ujarnya.

Baca Juga: Bamusi, Ajak LDII Bangun Surabaya Menjadi Kota Baldatun Thayyibatun Warubbun Ghofur

Cak Ghoni mengatakan, melalui bantuan enam ekor kambing etawa itu santri bisa berwirausaha. 

Namun ungkap Cak Ghoni harus tetap berkoordinasi dengan pengasuh ponpes dan mendapatkan bimbingan dari ahli yang kompeten. 

"Dengan bantuan kambing yang kita serahkan hari ini. Banyak hal yang bisa dilakukan. Mulai dari bagaimana beternak dan menghasilkan secara finansial maupun membantu sesama," ungkap Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan Surabaya ini.

"Banyak manfaat dari susu kambing etawa ini. Mulai dari mengatasi pengapuran, asam lambung dan rematik serta asam urat, bahkan menambah imunitas tubuh dan lain sebagainya. Dari sini kita bisa berbagi dari hal biasa menjadi yang luar biasa," tandasnya.

Editor : Redaksi