Lestarikan Lingkungan, Lanal Tegal dan Pelindo Tanam 3.200 Bibit Magrove

Penanaman bibit mangrove
Penanaman bibit mangrove

Tegal,Tikta.id - Lanal Tegal bersama dengan Pelindo Tegal melakukan penanaman 3. 200 bibit mangrove di Blok Cikalong Desa Kedung Kelor Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal. 

Kegiatan penanaman mangrove dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera Tahun 2024 sekaligus upaya pelestarian lingkungan hidup utamanya ekosistem mangrove, pada Selesa (30/1)

Baca Juga: SatuNAFAS Dukung Program Keberlanjutan di Pulau Pari, Kepulauan Seribu

Penanaman mangrove yang digagas Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Tegal Letkol Laut (P) Adi Surono, bersama dengan GM Pelindo Tegal Tri Sugianto.

Danlanal Tegal menyampaikan, kegiatan penanaman pohon mangrove memiliki makna sangat penting.

Menurutnya penanaman pohon mangrove di pesisir pantai secara berkelanjutan dapat memulihkan sumber daya kelautan sekaligus membangun budaya menanam pohon untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan alam. 

"Oleh karena itu diperlukan suatu gerakan budaya menanam pohon untuk mewujudkan lingkungan yang hijau serta membudayakan pemeliharaan pohon yang kita tanam pada seluruh lapisan masyarakat."katanya.

Dia berharap, penanaman mangrove ini dapat mencegah abrasi pantai dan meningkatkan absorbs udara 

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mencegah abrasi pantai, meningkatkan absorbs polusi udara serta mengurangi dampak pemanasan global," ungkapnya.

Sebagai informasi: Sebanyak 3.200 bibit mangrove yang akan ditanam di lahan tambak seluas 4 Hektar di Pesisir Laut Jawa Kabupaten Tegal melibatkan personil gabungan Pangkalan TNI AL Tegal, Pelindo Tegal

Satradar 214 Tegal, Kodim 0712/Tegal, Satpolairud Polres Tegal, KSOP Kelas IV Tegal, DKPPP Kota Tegal, Karang Taruna Desa Kedung Kelor, Kelompok Tani Mangrove Desa Kedung Kelor serta Pramuka Saka Bahari.

Hadir di antaranya adalah Asisten ll Pemkab Tegal Dr. Joko Kurnianto, SKM, M.Kes, Dansatrad 214 Tegal, GM Pelindo Tegal Tri Sugiyanto, Pabungkol Kodim 0712/Tegal mewakili Dandim.

Kabaglog Polres Tegal, Kades Kedung kelor serta Pokdarwis kedung kelor serta unsur maritime di wilayah Kabupaten Tegal.

Editor : Redaksi