Upacara Penutupan Dikmapa PK TNI AL, Ini Pesan Dankodikdukum

Upacara penutupan Dikmapa PK TNI AL
Upacara penutupan Dikmapa PK TNI AL

Surabaya,Tikta.id - Komandan Kodikdukum (Dankodikdukum) Kodiklatal Laksma TNI Taufik Arief memimpin upacara penutupan pendidikan pertama perwira prajurit karier (Dikmapa PK) TNI Angkatan Laut (TNI AL) TA. 2023 Angkatan 30 A Korps Elektronika, Suplai dan Pomal yang siap bertugas di Satuannya masing-masing, bertempat di Lobby Mako Kodikdukum Kodiklatal Bumimoro Surabaya, pada Selasa (13/2).

Kepada lulusan Dikmapa PK TNI AL yang terdiri dari Korps Elektro: 15 orang, Korps Suplai: 9 orang, dan Korps Pomal: 3 orang, Dankodikdukum mengatakan, dengan tekad yang tinggi untuk maju dan berbekal pengetahuan yang cukup, maka akan dapat menjalankan tugas dengan baik.

Baca Juga: Safari Pembinaan Korps Pelaut, Jadi Ajang Komunikasi dan Tukar Pikiran

“Setelah menyelesaikan pendidikan selama kurang lebih 4,5 bulan diharapkan ilmu yang telah diberikan oleh Instruktur dan Pelatih, baik teori maupun praktek dapat diaplikasikan dimanapun kalian berada dan bisa mengamalkan, serta mengembangkan ilmu yang telah di terima di tempat berdinas nantinya karena para Perwira dituntut selalu adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi agar mampu memberikan konstribusi positif dalam pencapaian tugas-tugas organisasi dimana ditempatkan,” kata Laksma Taufik. 

Lebih jauh Dankodikdukum mengatakan bahwa, selama mengikuti Pendidikan di Kodikdukum Kodiklatal, pada Kurikulum Pendidikan mempunyai tujuan dan sasaran sesuai dengan Korps masing-masing.  

Untuk Korps Elektronika, para Perwira harus memiliki pengetahuan dan keterampilan teknis di Bidang Elektronika, sehingga dapat melaksanakan tugas sebagai Asisten Kepala Divisi Bidang Elektronika di KRI atau jabatan lain yang setingkat di Pendirat.  

Dalam kedinasan dapat melaksanakan pekerjaan di Bidang Elektronika Deteksi, Komunikasi dan Navigasi serta melaksanakan pekerjaan di Bidang Sistem Kendali Senjata dan Pernika sesuai prosedur dengan baik benar. 

Baca Juga: Danpuslatmar Kodiklatal Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Tiga Personel

Begitu juga Korps Suplai, diharapkan mempunyai pengetahuan dan keterampilan teknis di Bidang Keuangan, Pembekalan dan Administrasi Umum.

"Sehingga dapat melaksanakan tugas sebagai Perwira Divisi Administrasi Logistik di KRI atau Jabatan lain yang setingkat di Pendirat." katanya.

Sedangkan Korps Pomal, diharapkan mempunyai pengetahuan dan keterampilan teknis di Bidang Kepolisian Militer sehingga mampu melaksanakan tugas sebagai Paur Polisi Militer di Tingkat Mabesal/Kotama/Satker. 

Baca Juga: Perwira Siswa Diklapa Ikuti Seminar Keamananan Laut dan Logistik

"Dalam tugas sehari-hari, dapat melaksanakan penyidikan, penyelidikan kriminal dan pengamanan fisik, merencanakan dan melaksanakan penegakkan ketertiban serta pengawalan protokoler kenegaraan sesuai prosedur dengan baik dan benar.

Dalam kesempatan tersebut, Dankodikdukum juga memberikan penghargaan kepada Lulusan Terbaik di tiap Korps yaitu Letda Laut (E) Arlin Syahman Habib Lulusan Terbaik dari Korps Elektronika, Letda Laut (S) Ervanda Alfiansyah Lulusan Terbaik Korps Suplai dan Letda Laut (PM) Dicky Alamsyah Lulusan Terbaik Korps Pomal.

Editor : Redaksi