Pastikan Ketersediaan Beras, Polres Bojonegoro dan TPID Sidak Gudang Bulog

Polres Bojonegoro dan TPID Sidak ke Bulog
Polres Bojonegoro dan TPID Sidak ke Bulog

Bojonegoro, Tikta.id - Polres Bojonegoro Polda Jatim bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Bojonegoro melakukan inspeksi mendadak atau Sidak.

Sidak untuk memastikan ketersediaan beras di gudang beras Bulog Kecamatan Kalitidu dan gudang beras mitra Bulog di Kecamatan Ngasem, Kamis(22/2)

Baca Juga: Banjir Belum Surut, Polres Bojonegoro Pantau Tinggi Muka Air Sungai Bengawan Solo 

Sidak diikuti oleh Satreskrim Unit Tindak Pidana Ekonomi (Pidek), Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Perekenomian dan Sumber Daya Alam(SDA) dan Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro.

Tim TPID Kabupaten Bojonegoro menuju ke gudang beras Bulog Desa Sumengko Kecamatan Kabupaten Bojonegoro disambut langsung oleh Pimpinan Cabang Perum Bulog Bojonegoro, Ferdian Darma Atmaja.

Kemudian dilanjutkan ke gudang beras mitra Bulog yang berada di Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro.

Di sela-sela sidak, Pimpinan Cabang Perum Bulog Bojonegoro, Ferdian Darma Atmaja menyampaikan bahwa beras yang saat ini di gudang Bulog sangat bagus dan baik untuk dikonsumsi bagi masyarakat.

Lanjutnya, untuk stok beras wilayah Kabupaten Bojonegoro sangat aman hingga bulan Juni 2024.

“Menjelang bulan Ramadhan stok beras di Bulog Cabang Bojonegoro sangat aman hingga bulan Juni 2024 atau masa panen berikutnya,” ucap Pimpinan Cabang Perum Bulog Bojonegoro, Ferdian Darma Atmaja kepada awak media ini.

Baca Juga: Gerakan Pangan Murah Bulog, Harga Beras di Ponorogo Turun 

Ferdian menambahkan bahwa terkait adanya kenaikan harga dipasaran dikarenakan belum adanya panen sehingga sisi produksi atau supply berkurang mengakibatkan harga naik.

“Kami dapat perintah dari Badan Pangan Nasional(Bapanas) untuk membanjiri stok beras Stabilisasi Pasokan Harga Pasar (SPHP) dipasaran dan akan bekerjasama dengan instansi terkait untuk melakukan operasi pasar di kecamatan-kecamatan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kanit III Tindak Pidana Ekonomi (Pidek) Satreskrim, Ipda Dedi Hermawanto mengatakan pengecekan stok dan harga itu merupakan kelanjutan dari kegiatan rutin yang dijalankan Tim TPID Kabupaten Bojonegoro sebagai respons atas kenaikan harga beras dalam beberapa pekan terakhir.

“Kami lakukan pengecekan ke gudang beras Bulog yang berada di Desa Sumengko Kecamatan Kalitidu dan penggilingan padi sekaligus distributor beras mitra dari Bulog,”ujar Ipda Dedi.

Baca Juga: Operasi Pasar Murah Harga Beras di Malang Berangsur Turun

Ia menjelaskan kegiatan bersama TPID ini untuk memastikan ketersediaan stok beras dan pasokan bahan gabahnya. 

“Kami cek, apa ada masalah atau tidak dan untuk saat ini stok beras masih aman hingga bulan Juni nanti. Selain itu, juga dilakukan operasi pasar untuk menstabilkan harga dipasaran kembali normal,” ujar Kanit III, Ipda Dedi Hermawanto.

Ipda Dedi mengimbau kepada warga masyarakat agar tenang dan tidak panik terkait stok sembilan bahan pokok (sembako) khususnya beras, sehingga masyarakat tidak perlu borong sembako atau beras untuk disimpan di rumah.

“Tidak perlu panic buying atau memborong. Stok beras aman dan layak dikonsumsi beras dari Bulog, tim TPID Kabupaten akan menggelar operasi pasar,” tutup Kanit III/Pidek, Ipda Dedi.

Editor : Redaksi