Kepala Staf Angkatan Laut Resmikan Damage Control Simulator Koarmada II

Peresmian Demage Control Simolator
Peresmian Demage Control Simolator

Surabaya,Tikta.id - Komandan Kodiklatal (Dankodiklata) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah menghadiri Peresmian fasilitas Damage Control Simulator Koarmada II oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali.

Damage Control Simulator dibangun untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman awak kapal permukaan terhadap penanggulangan bahaya kebocoran yang terjadi di kapal permukaan.

Baca Juga: Safari Pembinaan Korps Pelaut, Jadi Ajang Komunikasi dan Tukar Pikiran

Peresmian Damage Control Simulator bertempat di Komando Latihan (Kolat) Koarmada II, Ujung Surabaya, pada Sabtu (24/2).

Kasal menjelaskan, pengembangan sumber daya manusia serta proses pelatihan sangat diperlukan agar seseorang memahami, mengerti dan mampu mengatasi suatu persoalan yang dihadapi dalam pelaksanaan tugasnya.  

Menurutnyanya, latihan penyelamatan kapal, penanggulangan kebakaran dan kebocoran maupun bahaya Nuklir, Biologi dan Kimia (Nubika) merupakan latihan berkategori resiko tinggi.  

"Oleh karena itu, dibutuhkan simulator yang mendekati kondisi sebenarnya." kata Kasal

Damage Control Simulator lanjutnya, merupakan fasilitas latihan bagi para prajurit TNI AL yang dibangun di atas lahan seluas 2.052 meter, berbentuk bangunan setinggi empat lantai.  

Baca Juga: Danpuslatmar Kodiklatal Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Tiga Personel

Dikatakan, Fasilitas Demage Control Simolator pembangunannya dimulai sejak November 2022 dan selesai pada Desember 2023.

"TNI AL akan senantiasa terus meningkatkan kesiapan operasional Alutsista serta pengembangan sumber daya manusia yang unggul, untuk menjawab tugas-tugas multi dimensi kedepan," tandas Kasal

Sebagai informasi: Pada acara peresmian, diawali dengan laporan pelaksanaan pembangunan gedung oleh Kadisfaslanal Laksma TNI Kris Wibowo dan laporan Damage Control Simulator Meteksan (DCSIM) oleh Kadissenlekal Laksma TNI Dwi Cahyo Kuncoro.  

Baca Juga: Perwira Siswa Diklapa Ikuti Seminar Keamananan Laut dan Logistik

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kasal dan peresmian fasilitas ini ditandai dengan penandatanganan prasasti gedung dan pemotongan pita.

Kasal beserta sejumlah Pejabat Tinggi TNI AL juga melaksanakan peninjauan fasilitas sekaligus menyaksikan demonstrasi latihan penanggulangan kebocoran kapal dengan menggunakan DCSIM yang baru saja diresmikan.

Dalam berbagai kesempatan, Kasal telah menegaskan bahwa pembangunan sumber daya manusia menjadi salah satu prioritas utama, agar seluruh alutsista dan organisasi TNI AL diawaki oleh pengawak yang profesional, unggul dan handal.

Editor : Redaksi