Ini Pesan Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah kepada Ratusan Tamtama TNI AL Satdik-2 Makassar 

Upacara Pembukaan 100 Siswa Pendidikan Pertama Tamtama TNI AL
Upacara Pembukaan 100 Siswa Pendidikan Pertama Tamtama TNI AL

Makassar,Tikta.id - Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah memimpin Upacara Pembukaan 100 Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI Angkatan Laut (TNI AL) Angkatan 44 TA. 2024 Satdik-2 Kodiklatal Makassar.

Upacara pembukaan digelar di Lapangan Apel Mako Satdik-2 Kodiklatal Jl. Perintis Kemerdekaan KM. 17 Kota Makassar, pada Senin (18/3).

Baca Juga: Kodiklatal Gelar Halal Bihalal

Adapun Satdik-2 Makassar yang mendidik 100 Siswa Dikmata TNI AL Angkatan 44 TA. 2024 diantaranya berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT) : 47 orang (Kupang : 33 orang, Maumere : 6 orang, Mataram : 5 orang, Rote : 3 orang), Sulawesi Selatan : 39 orang (Makassar : 34 orang, Mamuju : 2 orang, Palu : 3 orang), Sulawesi Utara (Sulut) : 9 orang (Manado : 8 orang dan Melonguane : 1 orang), Kalimantan Utara (Kaltara) : 5 orang (Balikpapan : 1 orang dan Tarakan : 4 orang).     

Dankodiklatal dalam amanatnya mengucapkan selamat atas keberhasilan para Siswa melewati tahapan-tahapan seleksi dalam proses rekrutmen penerimaan calon Siswa Dikmata yang penuh tantangan. 

Namun, dengan segala kemauan, kemampuan dan kesamaptaan jasmani yang prima, maka saudara dinyatakan lulus seleksi dan berhasil mengikuti pendidikan yang dibuka pada hari ini.

Menurut Dankodiklatal, Pendidikan Pertama Tamtama TNI AL bertujuan untuk mendidik dan membekali Calon Tamtama TNI AL yang berjiwa pejuang Sapta Marga, memiliki kesamaptaan jasmani sesuai dengan Binjas TNI yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan matra laut. 

Sehingga diharapkan mampu melaksanakan tugas sebagai Tamtama TNI AL yang profesional, modern dan tangguh.

Baca Juga: Siswa Satdik - 1 Kodiklatal Latihan Kemampuan March

"Pendidikan ini akan dilaksanakan selama enam bulan yang terbagi dalam tiga tahap, pendidikan dasar keprajuritan tiga bulan, pendidikan dasar golongan satu bulan dan pendidikan dasar golongan lanjutan selama dua bulan," jelasnya.

Letjen Marinir Nur Alamsyah mengatakan, tahap dasar keprajuritan akan dibina fisik dan mental secara intensif dan sistematis dengan tidak memandang waktu baik siang maupun malam. 

Hal yang dimaksud lanjutnya, untuk menyiapkan saudara yang semula berasal dari masyarakat sipil menjadi seorang prajurit matra laut yang tanggap, tanggon dan trengginas. 

Selain itu, menurut dia, dalam rangka mewujudkan kedaulatan negara di laut, TNI AL perlu memusatkan perhatian dan konsentrasi di pulau-pulau terdepan dan wilayah perbatasan guna mencegah segala bentuk ancaman.

Baca Juga: Dankodiklatal Salat Idul Fitri Bersama Keluarga Besar Brigif 2 Marinir

"TNI AL harus proaktif dengan membangun kekuatan tempur secara optimal, untuk mencapai kesiapan operasional yang tinggi kapanpun negara memanggil." tegasnya.

Usai pembukaan Dikmata TNI AL Angkatan 44 TA. 2024, Dankodiklatal didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Ayu Nur Alamsyah berkesempatan memberikan pengarahan kepada para Siswa, dan Anggota Tetap (Antap) beserta Jalasenastri Satdik-2 Makassar.

Kemudian dilanjutkan dengan pemberian Tali Asih kepada Anak-Anak dari Panti Asuhan Murni dan Panti Asuhan Al Aqsa, serta Tour Facility di beberapa tempat yaitu, Ksatrian Satdik - 2, Pil Box Lempar Granat Baddoka, Lapangan Tembak Lanraki, Kolam Renang Tirto Sagoro-05 dan Gudang Logistik Satdik - 2, Lantamal VI Makassar.

Editor : Redaksi