Peringati Hari Lahir Pancasila 2024, Jadikan Pancasila Sebagai Jiwa Pemersatu Bangsa

Upacara Hari Lahir Pancasila
Upacara Hari Lahir Pancasila

TIKTA.id, Surabaya - Jadikan Pancasila sebagai jiwa pemersatu bangsa, Kepala Kelompok Tenaga Pendidik (Kapokgadik) Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Sarjito mewakili Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah, menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024, bertempat di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. Sabtu, (01/6).

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang mengusung tema,"Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045," ini dihadiri Para Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur dan Pejabat terkait lainnya.

Baca Juga: 41 Perwira TNI Ikuti Dikbang Setara Diklapa 2024

Dalam Pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik, Yudian Wahyudi yang dibacakan oleh PJ. Gubernur Jatim Adhy Karyono mengatakan, Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar,” pungkasnya.

Baca Juga: Jam Komandan, Kolonel Marinir Yudi Asmar Ingatkan Bahaya Judi Online dan Pinjol 

Lebih jauh PJ. Gubernur Jatim mengatakan bahwa, Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.

Sementara di Mako Kodiklatal, Dirjianbang Kodiklatal Laksma TNI Ivan Gatot Prijanto selaku Inspektur Upacara (Irup) memimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Laut Maluku Kodiklatal Bumimoro Surabaya, yang dihadiri Ir Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Ahmad Fajar, Dirdok Kodiklatal Laksma TNI May Frangky Pasuna Sihombing, Dankodikmar Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Samson Sitohang, para Danpuslat, para Danpusdik, serta para Dansekolah. 

Baca Juga: Jalasena Panahan Kodiklatal Juara Umum Kasal Cup Archery Championship 2024

Dengan Komandan Upacara (Danup) Letkol Laut (T) Sungkono yang menjabat Dansetatek Pusdiktek Kodiklatal ini.

Upacara Hari Lahir Pancasila 2024 diikuti oleh Para Perwira, Bintara, Tamtama, dan Pegawai Negeri Sipil (PNS), serta para Siswa di lingkungan Mako Kodiklatal.

Editor : Redaksi