103 Siswa Dikmata TNI AL Ikuti Upacara Penutupan Diksarrit

Upacara penutupan Diksarrit
Upacara penutupan Diksarrit

TIKTA.id, Kepulauan Riau - Sebanyak 102 Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI Angkatan Laut (TNI AL) Angkatan XLIV TA 2024 mengikuti Upacara Penutupan Pendidikan Tahap Dasar Keprajuritan (Diksarrit).

Upacara dipimpin Komandan Satuan Pendidikan (Dansatdik) - 1 Kodiklatal, Kolonel Laut (P) I Gede Merta Yasa selaku Inspektur Upacara (Irup), dan Komandan Upacara (Danup) Kapten Laut (P) Philipus Essau S., yang bertugas sebagai Paopsjar Sesarmil.

Baca Juga: Skuadron Udara 600 Wing Udara 2 Puspenerbal Evakuasi Medis Udara dari Sangatta

Upacara dilaksanakan di Lapangan Apel Mako Satdik - 1 Kodiklatal Tanjung Uban, Bintan Utara, Kepulauan Riau. Selasa (4/6).

"Pendidikan Tahap Sarrit selama 3 bulan yang diakhiri dengan ujian Lattek Tahap Sarrit selama 17 hari telah dilewati dengan baik oleh seluruh Siswa Dikmata Satdik - 1 TA 2024. Ilmu dan pengalaman yang telah Siswa dapatkan selama menempuh masa Sarrit menjadi bekal pertama dan bekal utama, dalam menempuh pendidikan pada tahap-tahap berikutnya hingga nantinya dinyatakan lulus dan siap menjadi Prajurit Jalasena yang Tanggap, Tanggon dan Trengginas di Satuan," ujar Dansatdik - 1.

Baca Juga: Ratusan Prajurit Bintara Jalasena Siap Jalani Pendidikan Strata Perwira TNI AL

Lebih lanjut, Dansatdik - 1 mengucapkan selamat kepada seluruh Siswa telah berhasil menyelesaikan Pendidikan Tahap Sarrit dan tidak lupa memberikan apresiasi kepada Bingsis dan Pelatih yang berperan aktif dalam seluruh kegiatan Siswa, sehingga bisa berjalan dengan baik dan lancar. 

Selain itu, diharapkan Siswa menunjukkan hasil bekal keilmuan, fisik maupun mental pada Tahap Sarrit menjadi bekal yang harus ditingkatkan dan dikembangkan di tahap-tahap pendidikan berikutnya, hingga menjadi bekal utama dalam menunjang kedinasan sebagai Prajurit TNI AL.

Baca Juga: Dansatdik 1 Kodiklatal, Terima Kunjungan Kerja Dankodiklatal

"Terdapat lima hal utama para siswa dalam menjalani Pendidikan di Satdik - 1 Kodiklatal yakni, meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, meningkatkan kedisiplinan, mengembangkan potensi dan kemampuan diri, menghindari tindakan pelanggaran, fokus pada tujuan dalam menyelesaikan Pendidikan di Satdik - 1 Kodiklatal dan membekali keilmuan sebagai Prajurit TNI AL." terangnya.

Editor : Redaksi