Keren, Kerajinan Kulit Kerang Warga Binaan Babinsa Sidayu Sasar Pasar Domestik hingga Mancanegara

Kerajinan kulit kerang di Sidayu
Kerajinan kulit kerang di Sidayu

GRESIK,Tikta.id - Usaha kerajinan kulit kerang cukup berkembang di wilayah binaan Koramil 0817/12 Sidayu, utamanya di Desa Purwodadi. Melalui komunikasi sosial (komsos) nya Babinsa Serda Sulis Witianto turut berupaya mengembangkan dan meningkatkan level UMKM kerajinan kulit kerang tersebut.

Sulis Witianto mengunjungi tempat UMKM kerajinan kulit kerang Athoul Khasib di Desa Purwodadi, Kec. Sidayu, Kab. Gresik. Selasa (3/1) memberikan motivasi mengembangkan usahanya. 

Baca Juga: Siap-Siap! GadePreneur Hadir Lagi Untuk Dukung UMKM Naik Kelas

Pada kesempatan itu, Khasib mengungkapkan, ia telah mengelola kerajinan kulit kerang selama sepuluh tahun. Saat ini telah mempekerjakan 11 warga sekitar. 

Ia menceritakan, awal mula mengembangkan usahanya itu dimulai 2013 lalu. Sebelumnya ia bekerja sebagai penjaga art shop Kute Bali. 

Berangkat dari pengalamannya itu ia mencoba untuk mengembangkan kreasinya secara mandiri.

"Dengan berbahan dasar kulit kerang yakni kerang simping, kerang darah dan kerang hijau di wilayah sekitaran Sidayu, saya coba kelola hingga saat ini alhamdulillah hasil produksi dapat dikirim ke luar kota hingga mancanegara," ungkapnya.

Baca Juga: Program Sahabat FINATRA, UMKM: Bantu Usaha Naik Kelas

Ia menambahkan, penjualan hasil kerajinan kulit kerang yang dikelola sasarannya pasar dalam negeri dan luar negeri. Dalam negeri dipasarkan di Bali, Jakarta dan Sidoarjo. Sementara ke luar negeri ke Rusia, Malaysia dan bahkan Amerika.

Sulis Witianto mendorong supaya kerjainan kulit kerang tersebut dipromosikan melalui media sosial (medsos) agar sasarannya lebih menjangkau pasar lebih luas.

Selain itu, ia juga mendorong agar lebih kreatif dalam berkarya dan kualitas hasil produksinya lebih menarik, menggunakan lem yang kokoh dan tidak mudah rusak.

Baca Juga: BPJAMSOSTEK Kampanyekan Kerja Keras Bebas Cemas di Pasar Baru Gresik

"Semoga hasil UMKM kerajinan kulit kerang milik Pak Khasib jauh lebih maju dan meningkat hasil penjualannya," pungkasnya. 

Diketahui: Hasil kerajinan kulit kerang bentuknya bermacam-macam mulai tempat tisu, cermin, pigura, tempat lilin, lampu gantung atau lampion. Kemudian lampu tidur dan tempat dekor. 

Semuanya itu berbahan dasar kulit kerang dengan pengerjaan yang telaten dan penggunaan lem perekat.

Editor : Redaksi