Apel Gabungan TNI-Polri, Begini Pesan Pangdam V Brawijaya

Apel Gabungan TNI-Polri di lapangan A. Yani Makodam V/Brawijaya
Apel Gabungan TNI-Polri di lapangan A. Yani Makodam V/Brawijaya

SURABAYA,Tikta.id - Songsong pelaksanaan Pemilu 2024 Direktur Latihan (Dirlat) Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Widodo mewakili Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah mengikuti Apel Gabungan TNI-POLRI TW. I TA 2024

Apel gabungan TNI-Polri dalam rangka mewujudkan sinergitas, soliditas dan netralitas TNI.

Baca Juga: Tolak Wacana Hak Angket, Ormas Cinta Tanah Air Kota Kediri Gelar Aksi Damai di Taman Joyoboyo

Apel dipimpin Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay selaku Komandan Komando Garnisun Tetap (Kogartap) III/Surabaya, di lapangan A. Yani Makodam V/Brawijaya, pada Selasa (23/01/2024).

Pangdam V Brawijaya dalam amanatnya menyampaikan, apel gabungan memiliki makna dan nilai strategis untuk meningkatkan Sinergitas dan Soliditas TNI-POLRI.

Menurutnya, hal itu guna menyamakan pola sikap dan pola tindak untuk menghadapi segala permasalahan dan tantangan yang dihadapi bangsa dan negara. 

"Sehingga dapat tercipta rasa aman, damai, tertib dan kondusif." kata Pangdam.

Selain itu, lanjut Pangdam sinergitas TNI-POLRI yang sudah terjalin dengan baik harus tetap terjaga.  

Baca Juga: Kasal Lepas Peserta Fin Swimming Selat Madura Kasal Cup 2024

Untuk mewujudkan hal tersebut urai dia, dibutuhkan peran aktif para Komandan Satuan untuk mampu mengawasi dan menemukan solusi terhadap setiap potensi konflik dan pelanggaran hukum lainnya.  

"Upaya-upaya preventif harus terus dilakukan secara terpadu, sehingga kasus-kasus indisipliner tidak terjadi lagi. Jangan mudah terpengaruh isu dan provokasi yang hanya menimbulkan perpecahan, serta hindari konflik antara TNI-POLRI." ujarnya.

Pangdam mengatakan, kondisi yang sudah baik ini hendaknya dipertahankan, bahkan perlu untuk ditingkatkan guna mendukung tugas pokok masing-masing satuan secara profesional.

Baca Juga: Delapan Pati TNI AL Terima Brevet Kopaska, Dankodiklatal Mengaku Bangga 

"Jangan melakukan kegiatan yang melanggar hukum atau tindakan kontra produktif lainnya yang dapat mencoreng nama baik satuan." jelasnya.

Hal ini beber Pangdam dalam rangka menciptakan suasana kematangan serta kedewasaan dalam penyelesaian masalah.

“Pada kesempatan Apel Gabungan ini saya juga perintahkan kepada semua satuan untuk menjaga Netralitas selama pelaksanaan Pemilu, tunjukkan bahwa kita bisa dan mampu menjaga Netralitas TNI-POLRI dalam Pemilu 2024,” tegas Pangdam.

Editor : Redaksi