Lima Poin Seruan Pemilu Damai Forum Rektor Indonesia 

Forum Rektor Indonesia
Forum Rektor Indonesia

Surabaya,Tikta.id - Menjelang hari pelaksanaan Pemilu 2024 Forum Rektor Indonesia (FRI) menyerukan pemilu aman dan damai. Seruan itu dipekikkan saat deklarasi pemilu aman dan damai di Hotel Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Ketua FRI Nurhasan memimpin pembacaan lima poin deklarasi pemilu aman dan damai ini yang diikuti beberapa anggota dan pengurus.

Baca Juga: Usai Pencoblosan, Kiai Kholili Ajak Masyarakat Malang Tidak Mudah Terprovokasi 

"Deklarasi ini sudah diketahui pengurus dan beberapa anggota," ujar Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) itu, mengutip Senin (5/2)

Adapun lima poin yang dibacakan yaitu: 

Pertama, Mengajak segenap komponen bangsa untuk menyukseskan Pemilu 2024 yang aman dan damai.

Baca Juga: Usai Pemungutan Suara, LDII Mojokerto Ajak Masyarakat Tetap Menjaga Kerukunan 

Kedua, Menolak segala bentuk upaya provokasi yang dapat memecah belah persaudaraan serta tindakan yang menciderai pesta demokrasi.

Ketiga, Bersama-sama menangkal berita hoax dan ujaran kebencian yang dapat menggangu jalannya Pemilu 2024.

Keempat, Warga negara yang mempunyai hak pilih, agar menggunakan hak pilihnya dengan hati nurani, dan tidak golput. Kita harus menghargai perbedaan pilihan setiap orang.

Baca Juga: Cooling System Usai Pemungutan Suara, Polres Ponorogo Cangkruan Bersama Warga

Kelima, Kampus bukan tempat memecah belah, sebaiknya kampus menjaga kondusifitas dan turut memberikan edukasi kepada komponen bangsa demi terciptanya Pemilu yang jujur, adil, aman dan damai.

Deklarasi tersebut sebagai wujud dukungan kepada pemerintah dalam menjaga netralitas demi penyelenggaraan pemilu yang aman dan damai. 

Editor : Redaksi