Bulan Bhakti TNI - Polri Diwarnai Apel Gelar Pasukan dan Patroli Skala Besar

Apel gelar pasukan
Apel gelar pasukan

Surabaya,Tikta.id - Apel Gelar Pasukan dan Patroli Skala Besar Bulan Bakti TNI Polri 2024 dilaksanakan di Halaman  Polrestabes Surabaya, pada Selasa (6/2/24). Apel diikuti unsur TNI, Polri dan Satpol PP yang bertugas di Wilayah Hukum Kota Besar Surabaya. 

Apel juga dihadiri dari Kodim Surabaya Utara, Kodim Surabaya Selatan, Pejabat Utama Polrestabes Surabaya dan Kapolsek Jajaran serta dari Satpol PP Kota Surabaya.

Baca Juga: Diduga Dianiaya Selingkuhan Ibunya, Anak Usia Dua Tahun Meregang Nyawa

Wakapolrestabes Surabaya, AKBP Wimboko, bertindak selaku Inspektur Upacara. 

Dalam amanatnya, Wakapolrestabes Surabaya menyampaikan, kegiatan Apel Gelar Pasukan dan Patroli Skala Besar untuk menciptakan kamtibmas yang aman dan kondusif. Apalagi menjelang pesta demokrasi Pemilu Serentak Tahun 2024

"Pada pemilu 2024 ini terlalu banyak freerider atau penumpang gelap yang memanfaatkan situasi-situasi untuk kepentingannya masing-masing," ujar AKBP Wimboko.

AKBP Wimboko juga menjelaskan bahwa pelaksanaan Apel Gelar Pasukan dan Patroli Skala Besar ini dimaksudkan untuk memerkuat sinergitas tidak ada lagi masing-masing satuan berpikir parsial. 

"Kita harus sudah berfikir untuk bekerjasama dan sama-sama bekerja. Diharapkan tidak ada lagi Ego Sektoral, Menang-menangan, Kita menjadi satu kerangka besar untuk menjaga stabilitas keamanan," tutur AKBP Wimboko.

Segala permasalahan bisa musyawarahkan, bisa dibicarakan untuk menemukan solusi demi kemaslahatan umat. "Setiap organisasi kita masing-masing memiliki piramid-piramid organisasi sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing," ujar AKBP Wimboko.

Wakapolrestabes Surabaya juga menghimbau apabila ada gesekan dibawah, selisih paham. Melalui jejaring masing-masing sesuai dengan fungsi dan kewenangannya kita cari solusi bersama, kita bangun sinergitas ini kearah yang lebih baik," lanjut AKBP Wimboko.

Baca Juga: Pastikan Kelancaran Pemungutan Suara, Korem Bhaskara Jaya Apel Gelar Pasukan

Sebelum menutup amanatnya, Wakapolrestabes Surabaya memberikan beberapa penekanan yang perlu diketahui oleh seluruh anggota antara lain.

Pertama, tingkatkan sinergitas soliditas TNI-Polri dan Satpol PP dalam meningkatkan dan menciptakan kamtibmas yang aman dan kondusif terutama dalam upaya menciptakan pemilu damai dan sejuk untuk demokrasi yang bermartabat.

Kedua, penuhi dan Taati segala bentuk peraturan yang berlaku dan selesaikan setiap permasalahan sesuai dengan koridor hukum dengan tetap menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan diantara kita.

Ketiga, hindari segala sesuatu yang dapat menimbulkan perpecahan masyarakat seperti kegiatan proaktif menghasut ujaran kebencian dan SARA yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas. 

Keempat, tingkatkan kegiatan yang memupuk rasa persatuan dan kesatuan diantara kita, seperti olahraga bersama, Patroli gabungan seperti yang dilaksanakan hari ini, latihan bersama dan lain-lain.

Baca Juga: Polrestabes Surabaya Apel Pergeseran Pasukan Personel Pengamanan TPS Pemilu 2024

Kelima, sebagai bagian dari masyarakat, TNI-Polri dan Satpol PP harus menjadi komponen yang menyatu tak terpisahkan bersifat membangun membawa nilai positif dan bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.

Keenam, tetap jaga Netralitas pada Pelaksanaan Pemilu dan Pemilukada Serentak Tahun 2024. Ketujuh, laksanakan tugas sebaik-baiknya. 

"Tugas adalah kehormatan, tunaikanlah apa yang menjadi tanggungjawabmu masing-masing dengan tulus ikhlas. Karena pada hakikatnya semua yang kita lakukan adalah Ibadah," tutup AKBP Wimboko.

Usai pelaksanaan Apel, Pasukan TNI-Polri dan Satpol PP Kota Surabaya berangkat meninggalkan Mapolrestabes Surabaya guna melaksanakan Patroli Gabungan menuju sasaran Patroli yang telah ditentukan.

Editor : Redaksi