Stok dan Harga Bahan Pokok Penting di Jawa Timur Aman

Tim satgas pangan polri dan Polda Jatim saat sidak ke pasar Wonokromo
Tim satgas pangan polri dan Polda Jatim saat sidak ke pasar Wonokromo

Surabaya,Tikta.id - Tim Satgas Pangan Mabes Polri dan Polda Jatim melakukan inspeksi di pasar Wonokromo Surabaya, pada Jum'at (22/3). Inspeksi pasar untuk memastikan harga dan stok kebutuhan Bahan Pokok Penting (Bapokting) di wilayah Jawa Timur jelang Hari Raya Idul Fitri, aman.

Kasubsatgas Distribusi Pangan Mabes Polri, Kombes Pol Teddy Suhendyawan Syarif mengatakan pihaknya telah keliling melakukan pengecekan di pasar-pasar secara nasional. 

Baca Juga: Cek Pospam, Kapolda Jatim: Puncak Arus Mudik Meningkat Signifikan 

Dari hasil inspeksi pasar dalam rangka pemantauan haraga dan persediaan Bapokting itu, menurutnya di Jawa Timur harga Bapokting terbilang masih wajar. 

"Aman untuk wilayah Jawa Timur, kita kan ngecek sudah mulai kemarin, dari Surabaya, ke pasar induk Kediri, Mojokerto, sampai akhirnya di Wonokromo, bisa diambil kesimpulan bahwa semua harga di Jawa Timur ini normal," tandasnya. 

Baca Juga: Polres Probolinggo Kota Cek Sejumlah SPBU 

Lebih lanjut Kombes Tedi juga menegaskan, beras SPHP atau (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) ini ketersediaan stok dan harganya tidak boleh melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET). 

"SPHP kan 10.900 kemudian terkait dengan masalah minyak, minyak kita di komoditi itu ada di TPID,”kata Kombes Tedi.

Baca Juga: Bapokting Menjelang Lebaran di Jatim Relatif Stabil

Ia menerangkan dI TPID ini juga menyiapkan komoditas-komoditas lain yang nantinya bisa berhubungan langsung mengambil ke koperasi-koperasi yang berada dibawah pengawasan pangan, tujuannya untuk menjaga inflasi.

"Jika memang ada temuan, kenaikan harga telur dan ayam itu memang wajar saja, karena tidak melebihi batas nasional, jadi batas nasional itu ada," pungkasnya. 

Editor : Redaksi